PENENTUAN PERSEDIAAN OPTIMAL PACKING MATERIAL MENGGUNAKAN METODE FIS MAMDANI PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DI JAWA TENGAH

Risa Dista Yudianingrum
| Abstract views: 86 | views: 71

Abstract

Pengelolaan persediaan merupakan bagian penting dalam perusahaan yang mendukung berlangsungnya proses produksi. Namun dalam pengelolaan persediaan barang, masih ditemukan beberapa persediaan barang yang jumlahnya berlebihan dan ada yang kekurangan. Perlu adanya analisis jumlah pengadaan barang yang dapat menyebabkan jumlah persediaan barang menjadi optimal. Apabila dapat ditentukan jumlah pengadaan barang optimal, maka jumlah persediaan barang juga akan optimal karena jumlah persediaan barang adalah jumlah stok awal barang ditambah jumlah pengadaan barang. Penelitian ini menerapkan Metode FIS (Fuzzy Inference System) Mamdani untuk menentukan jumlah pengadaan barang yang optimal berdasarkan jumlah stok awal barang dan jumlah permintaan barang. Disusun model FIS Mamdani dengan menentukan Himpunan Fuzzy sebagai variabel linguistik pembentuk aturan dalam model persediaan agar dapat menghasilkan jumlah persediaan barang optimal dan memenuhi batas yang diberikan oleh perusahaan. Hasil penelitian pada 4 jenis barang yang dipilih menunjukkan bahwa jumlah pengadaan barang berdasarkan model persediaan FIS Mamdani lebih baik dibandingkan dengan pengadaan real di perusahaan tekstil Jawa Tengah.

Keywords

FIS Mamdani, General Store, Himpunan Fuzzy, Pengadaan, Persediaan.

Full Text:

DOWNLOAD

References

R. E. Indarjit dan R. Djokopranoto, Manajemen Persediaan Barang Umum dan Suku Cadang untuk Keperluan Pemeliharaan, Perbaikan, dan Operasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana, 2003.

B. F. Rambitan, J. S. B. Sumarauw, dan A. H. Jan, “Analisis Penerapan Manajemen Persediaan Pada CV. Indospice Manado,” EMBA, vol. 6, no. 3, hal. 1448–1457, 2018.

W. Siahaya, Manajemen Pengadaan Procurement Management. Bogor: In Media, 2014.

A. M. Husein, “Model Manajemen Persediaan berdasarkan Permintaan Menggunakan Teknik Fuzzy Mamdani,” Tek. Inform. PRIMA, vol. 7, no. 2, 2018.

Masyitha, “Menentukan Persediaan Beras Berdasarkan Jumlah Permintaan ( Studi kasus : Perusahaan BULOG Regional SUMUT ),” Skripsi Sarj., 2018.

M. Y. T. K. Irsan, M. I. Simbolon, dan I. Pratiwi, “Penggunaan Fuzzy Logic & Metode Mamdani untuk Menghitung Pembelian, Penjualan dan Persediaan,” vol. 3, no. 1, hal. 37–48, 2019.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, dan R. Wardoyo, Fuzzy Multi-Atribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

H. A. Parhusip dan L. Linawati, Optimasi Tepat Guna Bagi Data Lokal. Salatiga: Griya Media, 2018.

S. Kusumadewi dan Hari Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.