ANALISIS PENGANGKATAN CPU DI WM GAME CENTER DENGAN METODE RECOMMENDED WEIGHT LIMIT (RWL) DAN CHAFFIN ANDERSON

Muhammad Noviandy
| Abstract views: 61 | views: 65

Abstract

Setiap pekerjaan memiliki beberapa resiko yang berkaitan dengan pengangkatan beban. Pekerjaan tersebut digolongkan ke dalam ilmu biomekanika. Biomekanika merupakan ilmu yang membahas aspek-aspek biomekanika dari gerakan–gerakan tubuh manusia. Pada penelitian kali ini, operator melakukan pengangkatan CPU seberat 6,7 kg. Diperlukan 2 metode untuk mengetahui apakah aktivitas tersebut berbahaya dan menimbulkan cidera pada bagian tubuh, yaitu Recommended Weight Limit (RWL) dan Chaffin Anderson. RWL merupakan rekomendasi batas beban yang dapat diangkat manusia tanpa menimbulkan cidera meskipun dilakukan secara repetitif dan dalam jangka waktu lama. Dari metode tersebut diperoleh hasil perhitungan RWL sebesar 46,37 dan Lifting Index sebesar 0,1. Hal ini berarti aktivitas pengangkatan CPU tidak berbahaya karena Lifting Index  kurang dari 1. Sedangkan pada metode Chaffin Anderson yaitu menggambarkan tentang biomekanika statis pada tubuh ketika bekerja. Dari metode tersebut diperoleh F comp pada segmen L5/S1 sebesar 3826,85 N. Hal ini berarti aktivitas pengangkatan CPU tidak berbahaya karena F comp kurang dari 6500 N.

Keywords

Kata kunci: Biomekanika; Chaffin Anderson; Ergonomi; RWL

Full Text:

DOWNLOAD

References

. Norfiza, Z. Infi. (2011). Perancangan Alat Belajar dan Bermain Yang Ergonomis Di Taman Kanak- Kanak Islam Permata Selat Panjang. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. [Online].(10)1. pp. 48-58. Available:http://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/a rticle/view/1249/810.

. Tayyari., 1997. Occupational Ergonomics, Principle and Application. London: Chapman & Hall.

. Nurmianto, Eko. (1996). Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya. Surabaya.

. Ansar dan Sudaryanto. (2011). Biomekanik Osteokinematika dan Arthokinematika. Kementrian Kesehatan RI Politeknik Kesehatan Makassar. Makassar.

. Hidayat, Imam. (1999). Biomekanika. FPOK-IKIP Bandung. Bandung.

. Komari, Amat. (2010). Biomekanika Olahraga. FIK UNY. Yogyakarta.

. Ronald, Hamidie. (2003). Biomekanika Olahraga. Ikun. Jakarta.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.