ANALISIS USULAN PERANCANGAN TATA LETAK PABRIK DI CV. ATHAM TOYS

Mohammad Edo Setiawan, Ratu Siti Khodijah, Rizki Gema Ramadhan
| Abstract views: 123 | views: 151

Abstract

Penggunaan sumber daya yang efisien pada perusahaan memiliki tata letak perusahaan yang baik dapat meningkatkan produktivitas yang bertujuan untuk menghasilkan profit dan meningkatkan efektivitas pekerjaan. Perancangan tata letak ini meliputi posisi dan pengaturan tata letak fasilitas-fasilitas setiap operasi dalam memanfaatkan area yang ada untuk penempatan bahan-bahan. Penggunaan ruangan akan menjadi  efisien apabila fasilitas yang disusun dengan mempertimbangkan jarak minimal antar fasilitas produksi maupun perpindahan materialnya. Pada penelitian kali ini, objek yang diteliti adalah tata letak pabrik dari alur produksi produk mainan kayu. Produk ini diproduksi oleh CV. Atham Toys. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, dipilih Metode Graph Based Construction sebagai acuan  dengan jarak rectilinier terkecil. Kemudian didapatkan luas keseluruhan pabrik yang terdiri dari luas lantai produksi, luas fasilitas lainnya dan efisiensi. Penentuan lokasi pabrik yang dilakukan berdasarkan kriteria yang dinilai oleh 4 pakar dan diolah dengan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Lokasi pabrik yang paling strategis adalah di Tangerang.

Keywords

Perpindahan Material; Tata Letak Fasilitas; Tata Letak Pabrik.

Full Text:

DOWNLOAD

References

Wignjosoebroto, Sritomo, 2003, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Edisi ke 3, Guna Widya, Surabaya.

Apple, J.M.. 1990. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Edisi ke 3, ITB, Bandung.

Karonsih, S. N., Setyanto, N. W., dan Tantrika, C. F. M., 2010, Perbaikan Tata Letak Penempatan Barang di Gudang Penyimpanan Material Berdasarkan Class Based Storage Policy, Jurnal Teknik Industri, 345 –357.

Sarwanto, W., 2011, Pembuatan Tata Letak Ruang Produksi Coklat Isi Dodol Sebagai Pengembangan Produk di CV. Mubarokfood Cipta Delicia- Kudus, Tugas Akhir: Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Gadja Mada, Yogyakarta.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.