ANALISIS USULAN PERANCANGAN TATA LETAK PABRIK DI CV. ATHAM TOYS

Main Article Content

Mohammad Edo Setiawan
Ratu Siti Khodijah
Rizki Gema Ramadhan

Abstract

Penggunaan sumber daya yang efisien pada perusahaan memiliki tata letak perusahaan yang baik dapat meningkatkan produktivitas yang bertujuan untuk menghasilkan profit dan meningkatkan efektivitas pekerjaan. Perancangan tata letak ini meliputi posisi dan pengaturan tata letak fasilitas-fasilitas setiap operasi dalam memanfaatkan area yang ada untuk penempatan bahan-bahan. Penggunaan ruangan akan menjadi  efisien apabila fasilitas yang disusun dengan mempertimbangkan jarak minimal antar fasilitas produksi maupun perpindahan materialnya. Pada penelitian kali ini, objek yang diteliti adalah tata letak pabrik dari alur produksi produk mainan kayu. Produk ini diproduksi oleh CV. Atham Toys. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, dipilih Metode Graph Based Construction sebagai acuan  dengan jarak rectilinier terkecil. Kemudian didapatkan luas keseluruhan pabrik yang terdiri dari luas lantai produksi, luas fasilitas lainnya dan efisiensi. Penentuan lokasi pabrik yang dilakukan berdasarkan kriteria yang dinilai oleh 4 pakar dan diolah dengan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Lokasi pabrik yang paling strategis adalah di Tangerang.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Mohammad Edo Setiawan, Universitas Al-Azhar Indonesia

References

Wignjosoebroto, Sritomo, 2003, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Edisi ke 3, Guna Widya, Surabaya.

Apple, J.M.. 1990. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Edisi ke 3, ITB, Bandung.

Karonsih, S. N., Setyanto, N. W., dan Tantrika, C. F. M., 2010, Perbaikan Tata Letak Penempatan Barang di Gudang Penyimpanan Material Berdasarkan Class Based Storage Policy, Jurnal Teknik Industri, 345 –357.

Sarwanto, W., 2011, Pembuatan Tata Letak Ruang Produksi Coklat Isi Dodol Sebagai Pengembangan Produk di CV. Mubarokfood Cipta Delicia- Kudus, Tugas Akhir: Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Gadja Mada, Yogyakarta.