PENJADWALAN FLOW SHOP MESIN PARALEL MENGGUNAKAN METODE LONGEST PROCESSING TIME DAN CROSS ENTROPY-GENETIC ALGORITHM PADA PEMBUATAN PRODUK STEEL BRIDGE B-60

Yusraini Muharni, Ade Irman Saeful M, Tania Ero Rubyanti
| Abstract views: 85 | views: 57

Abstract

Sistem produksi di sebuah perusahaan fabrikasi seingkali mengalami permasalahan salah satunya adalah ketika perusahaan tidak mampu mengirim order kepada customer di waktu yang telah ditentukan. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan harus menanggung biaya pinalti. Masalah ini dapat diatasi apabila dilakukannya penjadwalan produksi dengan baik. Pentingnya penjadwalan produksi adalah untuk mengelola dengan tepat sumber daya yang ada agar terciptanya efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya. Salah satu usaha yang dilakukan untuk tercapainya penjadwalan yang optimal adalah dengan meminimalkan makespan. Produk Steel Bridge B-60 merupakan salah satu dari jenis jembatan Truss Bridge yang diproduksi oleh Perusahan Fabrikasi Baja Struktur Kontruksi yang berlokasi di Cilegon.  Perusahan tersebut  memiliki sistem produksi make to order dengan alur produksi flow shop dan susunan mesin paralel. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan heuristic metode LPT (Longest Processing Time) dan pendekatan metaheuristic dengan menggunakan metode Cross Entropy yang dikombinasikan dengan Genetic Algorithm yang dikenal dengan sebutan CEGA (Cross Entropy Genetic Algortihm). Algoritma metaheuristic diterjemahkan ke dalam Bahasa pemograman Matlab. Hasil perbandingan kedua metode menunjukkan bahwa kedua metode usulan yaitu LPT dan CEGA lebih baik dari metode eksisting dan memiliki efisiensi sebesar 7.94%.

Keywords

Penjadwalan Flow Shop; Mesin Paralel; Longest Processing Time; Cross Entropy, Genetic Algorithm

Full Text:

DOWNLOAD

References

Widodo, Dian Setiya., 2015. Penjadwalan Flow Shop Dengan Pendekatan Cross Entropy-Genetic Algorithm Untuk Menurunkan Makespan Pada Pembuatan Roda Gigi. Jurnal Teknik Industri HEURISTIC. Vol 12 No 2.

K. R. Baker and D. Trietsch., 2013. Principles Of Sequencing And Scheduling: John Wiley & Sons.

Widodo, D.S., Santoso, P. B., dan Siswanto, E., 2014. Pendekatan Algoritma Cross Entropy Genetic Algorithm Untuk Menurunkan Makespan Pada Penjadwalan Flow Shop. Journal of Engineering and Management in Industrial System Vol. 2.

Kroese, Dirk P., 2009. Cross-Entropy Method, Brisbane: Mathematics Department, Univerisity of Queensland.

De Boer., Pieter-Tjerk., Kroese Dirk P., Mannor S., and Rubinstein R.Y., 2003, A tutorial on the Cross-Entropy Method, Haifa: Department of Industrial Engineering, Technion – Israel Institute of Technology.

Budiman M.A., 2010, Pendekatan Cross Entropy-Genetic Algorithm Untuk Permasalahan Penjadwalan Job Shop Tanpa Waktu Tunggu Pada Banyak Mesin. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Basori, Sayid dan Suparno., 2009. Pendekatan Cross Entropy Untuk Minimasi Bikriteria Makespan Dan Total Tardiness Pada Penjadwalan Produksi Flowshop Dengan Mesin Paralel. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Nurkhalida, L., dan Santosa, B., 2012. Pendekatan Cross Entropy-Genetic Algorithm Pada Permasalahan Multi Objective Job shop Scheduling. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.