ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN BALANCED SCORECARD DAN PERENCANAAN STRATEGI DENGAN HOSHIN KANRI DI PT XYZ

Main Article Content

Marcella Darmawan
Lithrone Salomon
Wilson Kosasih

Abstract

Persaingan bisnis di era globalisasi semakin ketat sehingga perencanaan strategi sangatlah penting untuk memastikan perusahaan mencapai tujuan jangka panjangnya. PT XYZ adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang procurement untuk menyediakan barang maupun jasa yang berkaitan dengan produk elektrikal, mekanikal dan alat-alat K3. PT XYZ berkeinginan untuk mengukur kinerja perusahaan dengan tidak hanya berfokus pada aspek keuangan saja agar tetap dapat bersaing di masa depan. Pada penelitian ini, dilakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan  menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Agar rancangan sejalan dengan visi, misi serta strategi perusahaan, maka dilibatkan beberapa responden selaku pengelola manajemen. Setelah dilakukan perancangan dengan model Balanced Scorecard ditemukan bobot tingkat kepentingan dari tiap-tiap perspektif dalam Balanced Scorecard antara lain perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan secara berturut yaitu 0.308, 0.274, 0.227, dan 0.191. Menggunakan metode Objective Matrix yang dikombinasikan dengan Traffic Light System, ditemukan dari 13 key performance indicators (KPI), terdapat 5 kinerja KPI yang sudah baik, 6 kinerja KPI yang belum tercapai namun sudah mendekati target, dan 2 kinerja KPI yang masih jauh dibawah target. Selanjutnya, dilakukan juga perencanaan strategi menggunakan pendekatan Hoshin Kanri yang diharapkan dapat membantu perusahaan mencapai tujuan jangka panjangnya.

Article Details

Section
Articles

References

A. Haris. Penerapan Balanced Scorecard sebagai Indikator dalam Pengukuran Kinerja Koperasi. Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram, Vol 6, No.1, 2017.

E. Sutrisno, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2016, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Moeheriono, Indikator Kinerja Utama (IKU): Perencanaan, Aplikasi dan Pengembangan, 2012, Rajawali Pers, Jakarta.

E. R. Nugrahayu dan E. D. Retnani, “Penerapan Metode Balanced Scorecard sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja Perusahaan” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 4, No. 10, Page 1-16. 2015.

K. Randy. The Basics of Hoshin Kanri. New York: Productivity Press. 2015.

T. L. Saaty, The Analytical Hierarchy Process: Planning, Priority Setting, Resource Allocation, 1993, Pittsburgh: University of Pittsburgh Pers.

D. Parmenter. Key Performance Indicators: Developing, Implementing, and Using Winning KPIs. (Third Edition). 2015. Hoboken, New Jersey: Jhon Wiley & Sons, Inc.

T. L. Saaty. Decision Making For Leaders (Fourth Edition). 2001. University of Pittsburgh: RWS Publication.

L. S. Lithrone, S. I Wayan dan S. Harto, Pengukuran Kinerja Industri Percetakan Berdasarkan Model Balanced Scorecard dan Objective Matrix (OMAX) (Studi Kasus: PT. NLCP), Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI XI), 2017.

P. Fithri dan I. Firdaus, Analisis Produktifitas Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) (Studi Kasus : PT. Moradon Berlian Sakti), 2014.

Nurcahyani, M. Ni, dan A. Dewi. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening, Jurnal Manajemen, Vol. 5, No. 1, 2016.

L. Thomas Jackson. Hoshin Kanri For The Lean Developing Competitive Capabilities Managing Profit Enterprise. New York: Productivity Press

Kanbanize, 2019. Available: https://kanbanize.com/lean-management/hoshin-kanri/what-is-hoshin-kanri-x-matrix [Accessed Nov. 02, 2021].