Profitability and Leverage Effect on Firm Value with Corporate Social Responsibility as Moderating Variable in Manufacturing Company

Main Article Content

Rini Tri Hastuti
Janice Clairine Tertia

Abstract

This research aims to determine the effect of profitability and leverage on firm value using corporate social responsibility as moderating variable in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the 2018-2020 period. A total of 168 samples selected from 56 companies during the research period using purposive sampling method. Research data obtained from secondary data, namely company’s annual report which are routinely published by companies listed on the Indonesia Stock Exchange every year. Also, Statistical Product and Service Solutions (SPSS) version 25 was used to process the data. The results showed that profitability and leverage had a significant positive effect on firm value. Corporate social responsibility as moderating variable has a significant effect on the relationship between profitability and firm value, but has no effect on the relationship between leverage and firm value.

Article Details

Section
Articles

References

Selvi Sembiring & Ita Trisnawati. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 7(1a-2) (2019) 173-184. DOI: https://doi.org/10.34208/jba.v21i1a-2.754

Norce Jelly Sandag. Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return On Asset Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Tercatat Pada Indeks LQ 45. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(3) (2015) 214-225. Retrieved from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/9538

Tiffani. Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 4(2) (2017) 7294-7308. Retrieved from: https://jom.unri.ac.id/index.php/ JOMFEKON/article/view/19927/19266

Brigham, Eugene. F dan Joel F. Houston, 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroa Terbatas

M.C. Jensen & W.H. Meckling. Theory Of Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Financial Economics, 3 (1976) 305–360. DOI: https://doi.org/ 10.1016/0304-405X(76)90026-X

R. A. Supriyono, 2018. Akuntansi Keperilakuan. Yogyakarta: UGM PRESS

Mathius Tandiontong, 2016. Kualitas Audit dan Pengukurannya. Bandung: Alfabeta.

H. Sri Sulistyanto, 2018. Manajemen Laba: Teori & Model Empiris). Jakarta: Grasindo.

Mohamad Nur Utomo, 2019. Ramah Lingkungan dan Nilai Perusahaan. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Aries Heru Prasetyo, 2011. Valuasi Perusahaan. Jakarta: Penerbit PPM

Hidayatul Fateha Anni’Mah, Ati Sumiati, & Santi Susanti. Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Indeks IDX SMC Composite 2019. Jurnal Akuntansi, Perpajakan, dan Auditing, 2(2) (2021) 260-279. Retrieved from: http://pub.unj.ac.id/ index.php/japa/article/view/417

R. Agus Sartono, 2015. Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: UGM PRESS.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal

S. S. Khanka, 2014. Business Ethics and Corporate Social Responsibility. Edisi 1. New Delhi: S. Chand & Company Pvt. Ltd.

Ni Kadek Raningsih & Luh Gede Sri Artini. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(8) (2018) 1997-2026. DOI: https://doi.org/10.24843/ EEB.2018.v07.i08.p03

Dedi Rossidi Sutama & Erna Lisa. Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai

Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food And Beverage Yang Terdaftar

Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 10(1) (2018) 21-39. Retrieved from: http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/26

Nurvita Sari. Pengaruh Struktur Modal Dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Tekstil Dan Garmen Periode 2010-2014 Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(2) (2017) 1-15. DOI: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/14543/14095

Gine Das Prena & I Gede Iwan Muliyawan. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), 19(2) (2020) 131-142. DOI: https://doi.org/10.22225/we.19.2.1955.131-142

Hestin Sri Widiawati & Linawati. Analisis Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi, 7(1) (2022) 11-21. DOI: https://doi.org/10.29407/jae.v7i1.17543

Ni Made Laksmi Dewi & I D. G. Dharma Suputra. Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 28(1) (2019) 26-54. DOI: https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v28.i01.p02

Andi Fitriani Djollong. Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Universitas Muhammadiyah Parepare, 2(1) (2019) 86-100. Retrieved from: https://jurnal.umpar.ac.id/ index.php/istiqra/article/view/224

Silvia & Nagian Toni. The effect of profitability and capital structure against company value with dividend policy as moderator variable in consumption companies registered on the 2014-2018 IDX. Research, Society and Development, 9(11) (2020) e019119260. DOI: https://doi.org/10.33448/rsd-v9i11.9260

Ni Made Wiantari, I Gusti Bagus Gunadi, I Wayan Suarjana, Ni Luh Gede Putu Purnawati, & Daniel Manek. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Mengungkap Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Prosiding, (2018) 259-274. Retrieved from: https://ojs.stimihandayani.ac.id/index.php/PROSIDING/article/view/308

Dewi Inggit Monalisa. Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Universitas Islam Indonesia, (2019) 1-25. Retrieved from: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/17985

Delfi Putri Lasima Sitanggang & Flourien Nurul Chusnah. Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, (2020) 1-17. Retrieved from: http://repository.stei.ac.id/1014/

Maria Widyatuti, 2017. Analisa Kritis Laporan Keuangan. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Akhmad Darmawan, Yudhistira Putragita, Purnadi, Yudistira Pradipta Aryoko, & Sunardi. Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 5(1) (2020) 83-92. Retrieved from: https://jurnal.um-palembang.ac.id/balance/article/view/2461

Ni Made Intan Wulandari & I Gusti Bagus Wiksuana. Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3) (2017) 1278-1311. Retrieved from: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/27466

Mukti Fajar N. D., 2010. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Di Indonesia: Studi tentang Penerapan Ketentuan CSR pada Perusahaan Multinasional. Swasta Nasional & BUMN di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Meri Susanti & Eko Budi Santoso. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Kajian Akuntansi, 6(2) (2011) 124-133. Retrieved from: http://eprints.upnyk.ac.id/22807/

Arifin Hamsyah Mukti & Beni Suhendra Winarso. Profitabilitas Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Variabel Corporate Social Responsibility Sebagai Moderasi. Jurnal REKSA: Rekayasa Keuangan, Syariah dan Audit, 7(2) (2020) 73-83. DOI: https://doi.org/10.12928/j.reksa.v7i2.2670

I Gusti Ngurah Agung Dwi Pramana & I Ketut Mustanda. Pengaruh Profitabilitas Dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1) (2016) 561-594. Retrieved from: https://ojs.unud.ac.id/index.php/ Manajemen/ article/view/17586

Devy Dimulianty. Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusaahan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2015-2018. Skripsi (2020). Retrieved from: http://repository.untar.ac.id/32922/1/Devy%20Dimulianty%20125160248%20JA.pdf

Nur Mufidah & Puji Endah Purnamasari. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. El Dinar: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 6(1) (2018) 64-82. Retrieved from: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/eldinar/article/view/ 5454/6481

Rifky Fadhilah, W. Idawati, & Praptiningsih. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Struktur Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akunida, 7(2) (2021) 190–204. Retrieved from: https://ojs.unida.ac.id/JAKD/article/view/4524