TINDAK PIDANA PENIPUAN PADA TRANSAKSI E-COMMERCE DI MASA PANDEMI COVID-19

Isi Artikel Utama

Rosalia Dika Agustani
Ahmad Nur Setiawan

Abstrak

There are many businesses that divert their business using e-commerce media. E-commerce media is intended to be a digital platform that can directly connect between businesses and consumers without having to face-to-face. In the business world, the proliferation of e-commerce does lead to rapid economic growth. But the number of transactions through e-commerce also acts to close the possibility of criminal acts of online fraud and in this case the victims are consumers. This research uses juridical-normative methods, with a legal approach, conceptual approach, and case approach. Consumers who experience criminal acts of online fraud can take legal action as the first is to make a complaint to law enforcement, the complaint must attach evidence and can convince that he/she has been victimized. So that law enforcement can take the next step that will usually be searched for the identity of the business. The role of digital proofing greatly influences the results of investigations. Not all online crimes can be solved due to limited law enforcement capabilities. So that the accountability of business actors has been explained in Article 28 paragraph (1) jo. Article 45 paragraph (2) of the ITE Act.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Buku:

Arief, Barda Nawawi, Masalah Penegakan Hukum dan Kebijakan Hukum Pidana dalam Penanggulangan Kejahatan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007)

Lamintang, P.A.F. Dasar Dasar Hukum Pidana Indonesia, (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti,1997)

Marzuki, Peter Mahmud, Penelitian Hukum, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2013)

Maskun, Kejahatan Siber (Cyber Crime): Suatu Pengantar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Muhammad, Abdulkadir, Etika Profesi Hukum, (Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2006)

Purwaningsih, Endang. Hukum Bisnis, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2010)

Raditio, Resa. Aspek Hukum Transaksi Elektronik Perikatan, Pembuktian, dan Penyelesaian Sengketa, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014)

Ramli, Ahmad M., Cyber Law Dan HAKI Dalam Sistem Hukum Indonesia, (Bandung: Refika Aditama, 2004)

Sitompul, Josua, Cyberspace, Cybercrimes, Cyberlaw: Tinjauan Aspek Hukum Pidana, (Jakarta: Tatanusa, 2012)

Suhariyanto, Budi. Tindak Pidana Teknologi Informasi (Cybercrime), Urgensi Pengaturan dan Celah Hukumnya, (Jakarta: Rajawali Press, 2012)

Wahid, Abdul dan M. Labib, Kejahatan Mayantara (Cybercrime), (Bandung: PT Refika Aditama, 2005)

Artikel Ilmiah:

Ambar, Wariati dan Nani Irma Susanti. “E-Commerce Dalam Perspektif Perlindungan Konsumen”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 1 Nomor 2, Tahun 2014.

Elina Rudiastari, “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Perjanjian Jual Beli Melalui E-Commerce di Indonesia”, Jurnal Sosial dan Humaniora Volume 5 Nomor 1, Tahun 2015.

Imel Nurwita, “Perancangan Kampanye Waspada Penipuan Saat Belanja Online”. E – Proceeding of Art & Design. Volume 2 Nomor 2. Tahun 2015.

Prasetya, Roy Eka, Nyoman Serikat P, Bambang Eko Turisno, “Perlindungan Hukum Pidana Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual/Beli Online (E-Commerce) Di Indonesia”, Diponegoro Law Journal, Volume 5 Nomor 4, Tahun 2016.

Latumahina, Rosalinda Elsina. “Aspek-Aspek Hukum Dalam Transaksi Perdagangan Secara Elektronik”, Jurnal Gema Aktualita, Volume 4 Nomor 1, Tahun 2015

Peraturan Perundang-Undangan:

Indonesia, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Indonesia, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana

Indonesia, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Indonesia, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Indonesia, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan

Indonesia, Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik