PERTANGGUNGJAWABAN PENYEDIA JASA TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP KEAMANAN DAN KESELAMATAN KONSUMEN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Main Article Content

Ranti Fauza Mayana
Aam Suryamah
Nabilah Gunawan

Abstract

The development of globalization has a big impact on people’s lives in this era. One of them is the existence of electronic commerce (e-commerce). One e-commerce that is currently widely discussed is the online-based public transportation business, online-based public transportation has many advantages, but there are also disadvantages. Consumer safety has always been an issue for online-based public transportation companies. Because until now there are still criminal actions that result in consumers experiencing both material and immaterial losses. This paper is structured too be able to answer how to accountability is given online-based public transportation service providers to comsumers. This paper aims to provide a description of the responsibilities that must be fulfilled by service providers. The method used is normative juridical analytical descriptive research. Based on secondary data and data collection using literature studies and interviews. Based on research result, it can be seen that there are responsibilities that must be given by online-based public transportation service providers related to inadequate applications that companies create and drivers as service providers must also be accountable to consumers who suffer losses due to criminal acts that consumers experience. The form of responsibilities is compensation

Article Details

Section
Articles

References

Buku

Ahmad, M dan Sutarman, Y. Hukum Perlindungan Konsumen. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Andika, W. Aspek Hukum Bisnis Transportasi Jalan Online. Jakarta: Sinar Grafika, 2016.

Dikdik, M, A, M dan Elisatris, G. Cyber Law (Aspek Hukum Teknologi Informasi) . Bandung: Refika Aditama, 2010.

Janus, S. Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2014.

Rudi, A dan Asrul. Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2014.

Saefullah. Tanggung Jawab Produsen terhadap Akibat Hukum yang Ditimbulkan dari Produk pada Era Pasar Bebas. dalam Erman Rajagukguk, et. Al., Hukum Perlindungan Konsumen. Bandung: Penerbit Bandar Maju, 2014.

Shidarta. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Grasindo, 2000.

Shinta, D. Cyberlaw: Perlindungan Privasi Atas Informasi Pribadi Dalam E-Commerce Menurut Hukum Internasional. Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.

Regulasi

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat.

Jurnal

Ahsani, A, A. Online vs Konvensional: Keunggulan dan Konflik Antar Moda Trasnportasi di Kota Makassar. Jurnal Etnografi Indonesia, Volume 2 edisi 2., 2017.

Artikel

_______.#UninstallKhawatir Berkendara dengan Fitur Terbaru GOJEK, https://www.gojek.com/blog/uninstall-khawatir/, diakses pada 15 Agustus 2019.

_______.General Terms and Conditions Grab, https://www.grab.com/id/en/business-20180731/directbilling-terms/, dikutip pada tanggal 25 Februari 2020

Gojek, “Tentang Kami”dalam https://www.gojek.com/about/, diakses pada 12 Agustus 2019.

Grabbike Indonesia - Fitur Keamanan untuk Mitra Grab, https://www.grab.com/id/blog/driver/grabbike-indonesia-fitur-keamanan-untuk-mitra-grab/, diakses pada 15 Agustus 2019.

Grab, “Tentang Kami”, dalam https://www.grab.com/id/about/, diakses pada 12 Agustus 2019.

Johana Bhuiyan, AB Is Already Changing How Uber Works For California Drivers And Riders, https://www.latimes.com/business/technology/story/2020-02-03/uber-ab5-driver-app, dikutip pada tanggal 25 Maret 2020.

Rahajeng Kusumo Hastuti, Gojek Klaim Jadi Aplikasi Transportasi Nomor 1 di RI, https://www.cnbcindonesia.com/fintech/20190412105032-37-66252/gojek-klaim-jadi-aplikasi-transportasi-online-nomor-1-di-ri, diakses pada 29 Juli 2019.

_______.”Syarat dan Ketentuan Gojek”, https://www.gojek.com/terms-and-condition/, dikutip pada tanggal 28 Februari 2020.