GAMBARAN KUALITAS TIDUR DAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE BERBASIS GENDER PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2022
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Environment Software Association (ESA) pada tahun 2022 menunjukan pengguna game online di Amerika Serikat (USA) mencapai 215.5 juta dan sebanyak 65% adalah kalangan remaja. Bermain game online yang terlalu lama dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya pemenuhan kebutuhan tidur. Pemain game yang tidak dapat mengatur waktu dan terus menerus bermain game online mengakibatkan terjadinya dampak negatif terhadap kualitas tidurnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui prevalensi intensitas bermain game online dan kualitas tidur terhadap jenis kelamin. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan populasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2022. Sampel diambil dengan meggunakan metode consecutive non random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah Indonesian Online Game Addiction Questionare dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Total responden dari mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2022 sebanyak 126 orang yang terdiri dari 96 (76,2%) responden perempuan dan 30 (23,8%) responden laki-laki. hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prevalensi intensitas bermain game online dan kualitas tidur antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan, dimana tidak kecanduan game online lebih banyak pada responden perempuan (83,3%) dibandingkan pada responden laki-laki (50%) dan kualitas tidur perempuan lebih buruk (53,1%) jika dibandingkan dengan kualitas tidur laki-laki yaitu (40%).
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Naskah yang diterima adalah naskah asli yang belum pernah dimuat dalam jurnal lain dan tidak sedang dalam proses untuk dimuat dalam majalah lain dalam waktu yang bersamaan. Naskah yang diterbitkan merupakan hak milik penerbit dan tidak akan dikembalikan, sedangkan naskah yang dinilai tidak layak diterbitkan akan dikembalikan. Naskah yang masuk akan dinilai oleh mitra bestari. Tim editor mempunyai hak melakukan pengeditan sesuai gaya selingkung untuk naskah yang akan diterbitkan.
References
1. Lam LT. Internet Gaming Addiction Problematic Use of the INternet, and Sleep Problems: A Systematic Review. Curr PsychiatryReports. 2014;16(444):1–9.
2. Karaca EA, Hualler T, Tassi P. Sleep Quality and Video Game Playing: Effect of Intensity of Video Game Playing and Mental Health. Psychiatry Res. 2019;273:487–92.
3. Astuti S. Hubungan Kecanduan Bermain Game online dengan Kualitas Tidur pada Siswa/Siswi di SMP Neger 24 Samarinda [Internet]. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. 2018. Available from: http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
4. entertainment software association. 2022 Essential Facts: About the Video Game INdustry. 2022. p. 1–28.
5. Putra NYP, Tania M, Iklima N, Maulana DL. Perancangan Infografis tentang Dampak Kebiasaan Begadang terhadap Pola Tidur Sehat Bagi Remaja. J Sketsa. 2017;4(2):53–60.
6. Manupatty JC, Sekeon SAS, Kandou GD. Hubungan Antara Kecanduan Bermain Game online dengan Kualitas Tidur pada Gamer Online Pengguna Komputer di Warung Internet M2G Supernova Malalayang. J KESMAS. 2019;8(7):61–6.
7. Shafira Fitri N, Afrainin Syah N, Asterina. Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Daya Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik. J Ilmu Kedokt dan Kesehat [Internet]. 2020;11(6). Available from: http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kesehatan
8. Xia, L., Li, J., Duan, F., Zhang, J., Mu, L., Wang, L., … & Jiao, D. (2023). Effects of online game and short video behavior on academic delay of gratification - mediating effects of anxiety, depression and retrospective memory. Psychology Research and Behavior Management, Volume 16, 4353-4365. https://doi.org/10.2147/prbm.s432196
9. Bekir, S. and Çelik, E. (2020). An investigation of online gaming addiction level among university students in terms of emotional schemas, agentic personality, and various variables. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 8(3), 25-40. https://doi.org/10.17220/mojet.2020.03.002
10. Bicholkar, A., Dias, A., & Mascarenhas, V. R. (2019). Prevalence of problematic online gaming among undergraduate medical students and its relation to well-being, self-esteem and depressive mood in goa, india. International Journal of Community Medicine and Public Health, 6(3), 1133. https://doi.org/10.18203/2394-6040.ijcmph20190598
11. Xie, J., Xia, L., Hy, L., He, L., Bai, Y., Zheng, F., … & Guo, Y. (2021). Depressive symptoms, sleep quality and diet during the 2019 novel coronavirus epidemic in china: a survey of medical students. Frontiers in Public Health, 8. https://doi.org/10.3389/fpubh.2020.588578
12. Sundas, N., Ghimire, S., Bhusal, S., Pandey, R., Rana, K., & Dixit, H. (2020). Sleep quality among medical students of a tertiary care hospital: a descriptive cross-sectional study. Journal of Nepal Medical Association, 58(222). https://doi.org/10.31729/jnma.4813
13. Khaksarian, M., Behzadifar, M., Behzadifar, M., Jahanpanah, F., Guglielmi, O., Garbarino, S., … & Bragazzi, N. L. (2020). Sleep disturbances rate among medical and allied health professions students in iran: implications from a systematic review and meta-analysis of the literature. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(3), 1011. https://doi.org/10.3390/ijerph17031011