HUBUNGAN KECANDUAN PERMAINAN DARING DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2024

Main Article Content

Daniel Devandy
Oentarini Tjandra

Abstract

Kecanduan permainan daring adalah penggunaan internet berlebihan untuk bermain permainan daring yang dapat menimbulkan berbagai gangguan klinis, salah satunya adalah menurunnya kualitas tidur. Kualitas tidur merujuk pada sejauh mana individu merasa puas terhadap berbagai aspek dari pengalaman tidurnya. Tidur yang buruk dapat berdampak negatif terhadap kesehatan, antara lain meningkatkan risiko obesitas, diabetes, serta penyakit jantung. Dari sisi psikologis, kualitas tidur yang rendah juga dapat memicu depresi, kecemasan, gangguan perilaku, konsumsi alkohol, hingga kecenderungan bunuh diri.


 


Tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan antara kecanduan permainan daring dan kualitas tidur pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2024. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross sectional, yang dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2025. Sebanyak 172 responden yang memenuhi kriteria inklusi berpartisipasi dalam penelitian ini. Data diambil menggunakan teknik non-probability judgemental sampling dengan sarana google form. Data dikumpulkan melalui kuesioner Indonesian Online Game Addiction Questionnaire (IOGAQ) dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Data dianalisis dengan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan hubungan bermakna antara kecanduan permainan daring dan kualitas tidur (p = 0,039). Didapatkan peningkatan risiko kualitas tidur buruk sebesar 1,437 kali bagi responden yang mengalami kecanduan permainan daring (PR = 1,437). Disarankan agar responden membatasi waktu bermain permainan daring dan mengelola waktu dengan lebih baik agar kualitas tidurnya optimal.

Article Details

Section
Artikel Asli

References

1. J. Clement. Online Gaming - Statistics and Facts [Internet]. Statista. 2024 [cited 2024 Sep 24]. Available from: https://www.statista.com/topics/1551/online-gaming/#topicOverview

2. Kaya A, Türk N, Batmaz H, Griffiths MD. Online Gaming Addiction and Basic Psychological Needs Among Adolescents: The Mediating Roles of Meaning in Life and Responsibility. Int J Ment Health Addict. 2023 Aug 10:1-25.

3. Mohammad S, Jan RA, Alsaedi SL. Symptoms, Mechanisms, and Treatments of Video Game Addiction. Cureus. 2023 Mar 31;15(3):1-6

4. American Psychiatric Association. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. American Psychiatric Association; 2013:913.

5. Nelson KL, Davis JE, Corbett CF. Sleep quality: An evolutionary concept analysis. Nurs Forum (Auckl). 2022 Jan 5;57(1):144–51.

6. Zaman M, Babar MS, Babar M, Sabir F, Ashraf F, Tahir MJ, et al. Prevalence of gaming addiction and its impact on sleep quality: A cross-sectional study from Pakistan. Annals of Medicine & Surgery. 2022 Jun;78:1-6.

7. Fitryasari R, Rahmawati D, Sunan U, Surabaya A, Cahya Kharisma A. Online Games Addiction and the Decline in Sleep Quality of College Student Gamers in the Online Game Communities in Surabaya, Indonesia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. 2020 Jul;24(7):8987-93.

8. Prima Matur Y, Simon MG, Ndorang TA, Ruteng P, Yani JJA, Flores R. Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur pada Remaja SMA Negeri di Kota Ruteng. Jurnal Wawasan Kesehatan. 2021 Dec;6(2):55-66.

9. Gina Lestari. Hubungan Adiksi Games Pencapaian Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2018. Universitas Tarumanagara; 2020.

10. Barr M, Copeland-Stewart A. Playing Video Games During the COVID-19 Pandemic and Effects on Players’ Well-Being. Games Cult. 2022 Jan 6;17(1):122–39.

11. Roknuzzaman ASM, Sarker R, Nazmunnahar, Shahriar M, Mosharrafa R Al, Islam MdR. The WHO has Declared COVID-19 is No Longer a Pandemic-Level Threat: A Perspective Evaluating Potential Public Health Impacts. Clinical Pathology. 2024 Jan 22;17:1-2.

12. Jap T, Tiatri S, Jaya ES, Suteja MS. The Development of Indonesian Online Game Addiction Questionnaire. PLoS One. 2013 Apr 3;8(4):1-5.

13. Destiana Agustin. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Tidur pada Pekerja di PT Krakatau Tirta Industri Cilegon. [Depok ]; 2012: 44-5.

14. Frangos CC, Frangos CC, Sotiropoulos I. Problematic Internet Use Among Greek University Students: An Ordinal Logistic Regression with Risk Factors of Negative Psychological Beliefs, Pornographic Sites, and Online Games. Cyberpsychol Behav Soc Netw. 2011 Jan;14(1–2):51–8.

15. Spilková J, Chomynová P, Csémy L. Predictors of excessive use of social media and excessive online gaming in Czech teenagers. J Behav Addict. 2017 Oct 17;6(4):611–9.

16. Müller KW, Janikian M, Dreier M, Wölfling K, Beutel ME, Tzavara C, et al. Regular gaming behavior and internet gaming disorder in European adolescents: results from a cross-national representative survey of prevalence, predictors, and psychopathological correlates. Eur Child Adolesc Psychiatry. 2015 May 1;24(5):565–74.

17. Karaca S, Karakoc A, Can Gurkan O, Onan N, Unsal Barlas G. Investigation of the Online Game Addiction Level, Sociodemographic Characteristics and Social Anxiety as Risk Factors for Online Game Addiction in Middle School Students. Community Ment Health J. 2020 Jul 6;56(5):830–8.

18. Ankara HG, Baykal D. The socioeconomic and sociodemographic factors affecting digital gaming addiction among Generation Z. Telematics and Informatics Reports. 2022 Dec;8:1-5.

19. Peracchia S, Triberti S, Curcio G,. Annual Review of Cybertherapy and Telemedicine [Internet]. 2017. Available from: https://www.researchgate.net/publication/321905614