PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA/I SMA NEGERI 1 MAJALENGKA

Main Article Content

Silvia Citra Khaerani
Oentarini Tjandra

Abstract

Pendidikan ialah hal yang sangat diperlukan selama keberlangsungan kehidupan manusia, yang signifikan guna memperoleh peningkatan akan kualitas sumber daya manusia.  Adanya pembelajaran tentu saja disertai sebuah tujuan diantaranya menumbuhkan bakat-bakat berkualitas serta akhlak mulia dengan integritas daya saing di era globalisasi berbantuan media pembelajaran youtube. Youtube menjadi platform yang berisikan video yang tersaji secara online. Adanya penelitian ini guna memperoleh pengetahuan tentang media video youtube pada hasil belajar siswa/i kelas XII SMAN 1 Majalengka. Penelitian terlaksana secara kuantitatif melalui desain cross sectional yang dilaksanakan di SMAN 1 Majalengka pada bulan Januari 2023 sampai Februari 2023. Dalam teknik pengambilan sampel, cluster sampling digunakan untuk 98 responden dalam kuesioner. Hasil survei yang melibatkan 98 responden menunjukkan bahwa 81 responden (82,7%) mayoritas adalah perempuan. Sebagian besar penggunaan media youtube sudah cukup memadai yaitu 56 responden (57,14%) Hasil sekolah berada pada golongan cukup yaitu 66 responden (67,35%). Ada pengaruh antara penggunaan media video youtube dengan hasil belajar siswa/i SMA Negeri 1 Majalengka. (0,014 < 0,05)

Article Details

Section
Artikel Asli

References

Gusti S. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis; 2020.

Budi H. Inovasi Pembelajaran di Era Digital menggunakan Google, Sites dan Media Sosial. Bandung: UNPAD; 2014.

Tutiasri RP, Laminto NK, Nazri K. Pemanfaatan Youtube Sebagai Media PembelajaranBagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. J Komunikasi, Masy dan Keamanan. 2020;2(2).

HanimTohari, Mustaji Nf, Bachri BS. Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa. J Teknol Pendidik. 2019;7(1).

Mahendra D. Pengaruh Penggunaan Media Youtube terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau; 2021.

Setyowati. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang; 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2020.

Maghfirah N. Peranan Video Youtube sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Masa Pandemi. JRIP J Ris dan Inov Pembelajaran. 2021;1(2):51–8.

Mujianto H. Pemanfaatan Youtube sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat danMotivasi Belajr Siswa. J Komun Has Pemikir dan Penelit. 2019;5(1):135–59.

Wahyuni A, Hidayati DW. Pengaruh Media Pembelajaran Moodle Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. J Inf J Penelit dan Pengabdi Masy. 2021;7(2):16–9.

Yuliana D, Aminullah NF. Pengaruh Media Video Youtuber terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Simulasi Digital SMK Negeri 1 Suboh Situbondo. J Pendidik dan Kewirausahaan. 2020;8(1):37–53.

Setiawati GA., Ekayanti NW. Potret Pembelajaran menggunkaan Whatsapp, Google Clasroom dan Youtube di Masa Pandemi Covid-19. 2020;225–30.