Sistem Prediksi Customer Loyalty Dengan Metode RFM dan Fuzzy C-Means

Main Article Content

David David
Manatap Dolok Lauro
Dyah Erny Herwindiati

Abstract

This paper discusses about customer loyalty using RFM method and Fuzzy C-Means. RFM stands for Recency, Frequency, and Monetary. What is meant by Recency is the date range of transactions made by customers, while Frequency is the number of transactions made by customers during  a certain period, and Monetary is the nominal amount of money spent during a certain period. Data is taken from Toko Cianjur with transactions history from January 2018 to December 2018 consisting of 892 transactions. Fuzzy C-Means is one of clustering algoritm which applies fuzzy approach to determine the clusters based on the degree of membership. Partition Coefficient Index and Partition Entropy Index are used as the evaluation methods.The goals of making this application that the store can find customers who have a high loyalty value to store and can be used as consideration for store to provide discounts to customers. The test results obtained state that the results of the cluster formation of two clusters with m = 2 indicate that customers quite often shop at stores until December 2018. While the results of the formation of three clusters with m = 2 indicate that customers often make transactions and a large monetary value to the store.


Abstrak

Tulisan ini membahas tentang customer loyalty dengan menggunakan metode RFM dan Fuzzy C-Means. RFM adalah kepanjangan dari Recency, Frequency dan Monetary. Yang dimaksud dengan Recency adalah rentang tanggal transaksi yang dilakukan pelanggan, sedangkan Frequency adalah jumlah transaksi yang dilakukan pelanggan selama periode tertentu, dan Monetary adalah jumlah nominal uang yang dikeluarkan selama periode tertentu. Data diambil dari Toko Cianjur dengan riwayat transaksi dari Januari 2018 hingga Desember 2018 yang terdiri dari 892 transaksi. Fuzzy C-Means adalah salah satu algoritma clustering yang menerapkan pendekatan fuzzy untuk menentukan cluster berdasarkan degree of membership. Partition Coefficient Index dan Partition Entropy Index digunakan sebagai metode evaluasi. Tujuan pembuatan sistem prediksi customer loyalty ini yaitu mengetahui pelanggan manakah yang memiliki loyalitas yang tinggi terhadap toko sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan toko untuk memberikan diskon kepada pelanggan. Hasil pengujian yang didapat menyatakan bahwa hasil cluster pembentukan dua klaster dengan m=2 menunjukkan bahwa pelanggan cukup sering berbelanja terhadap toko sampai Desember 2018. Sedangkan hasil pembentukan tiga klasterdengan m=2 menunjukkan bahwa pelanggan sering melakukan transaksi serta nilai monetary yang cukup besar terhadap toko.

Article Details

Section
Articles

References

Cheng, Ching-Hsue, Chen, You-Shyang., 2009, Classifying the segmentation of customer value via RFM model, Journal Expert System with Application: An International Journal, Vol. 36, No. 3.

Mirkin, Boris., 2005,Clustering for Data Mining: A Data Recovery Approach, Champman & Hall/CRC,London.

Tan, Pang-Ning, Steinbach, Michael, dan Kumar, Vipin, 2006, Introduction to Data Mining, Pearl International Edition, h.578.

Jaya, Tri Sandhika, Adi, Kusworo, Norita, Beta, Sistem Pemilihan Perumahan dengan Metode Kombinasi Fuzzy C-Means Clustering dan Simple Additive Weighting. https://www.researchgate.net/publication/304217293_Sistem_Pemilihan_Perumahan_dengan_Metode_Kombinasi_Fuzzy_CMeans_Clustering_dan_Simple_Additive_Weighting, diakses tanggal 02 September 2019.

Datanovia, Fuzzy C-Means Clustering Algorithm. https://www.datanovia.com/en/lessons/fuzzy-clustering-essentials/fuzzy-c-meansclustering-algorithm, diakses tanggal 08 September 2019.

Ruang Guru.co, Rumus Koefisien Variasi, https://ruangguru.co/rumus-koefisien-variasi, diakses tanggal 25 November 2019.

Setiawan, Adi, 2012, Perbandingan Koefisien Variasi Antara 2 Sampel Dengan Metode Bootstrap, JdC, Vol. 1, No 1, h.19-20.

Selviana, Nur Indah dan Mustakim., 2016, Analisis Perbandingan K-Means dan Fuzzy Cmeans Untuk Pemetaan Motivasi Balajar Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 8.

Hardiani, Tikaridha., 2018, Segmentasi Nasabah Simpanan Menggunakan Fuzzy C Means dan Fuzzy RFM (Recency, Frequency, Monetary) Pada BMT XYZ, Jurnal Ilmiah NERO, Vol. 3, No. 3.