Penerapan Teknik Computer-Generated Imagery pada Animasi Pemanfaatan Lubang Resapan Biopori

Main Article Content

Boldson Herdianto Situmorang
Tjut Awaliyah Zuraiyah

Abstract

Computer-Generated Imagery merupakan penerapan lanjutan dalam bidang komputer grafis. Penggunaan teknik Computer-Generated Imagery untuk memberikan efek khusus dapat menghasilkan animasi yang lebih kelihatan nyata dan menarik perhatian. Proses komunikasi massa pada intinya ialah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan. Komunikasi massa dapat disajikan dalam bentuk animasi. Penggunaan teknologi Computer-Generated Imagery dapat memberikan efek khusus pada adegan dalam animasi sehingga tampak begitu nyata dan seperti hidup. Penelitian ini akan membuat animasi pembuatan lubang resapan biopori menggunakan teknik Computer-Generated Imagery sebagai media sosialisasi sehingga masyarakat akan tertarik untuk berperan serta mendukung pelestarian lingkungan hidup khususnya dalam menanggulangi krisis air tanah.

Article Details

Section
Articles

References

Permanasari, Hendola, Sahid, Purisari, Safitri, 2018, penyelamatan Air Tanah dan

Penanggulangan Sampah Melalui Program Biopori dan Komposter di Pemukiman Kecil Kelurahan Ciputat dan Ciputat Timur, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat – Indonesian Journal of Community Engagement, Vol. 4(1), hal. 51-64.

Schofield, D., 2016, The Use of Computer-Generated Imagery in Legal Proceedings, Digital Evidence and Electronic Signature Law Review, Vol. 13(1).

Immaniar, D., Sunarya L, Alfian M., 2015, Penerapan Teknologi Computer Generated Imagery pada Visual Effect Film, Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science (CICES) Journal, Vol. 1(1).

Mustika, Sugara, E. P. A., Pratiwi M., 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle, Jurnal Online Informatika. Vol. 2(2), hal.121-126.

Mustika, 2018, Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Jurnal Mikrotik, Vol. 8(1), hal. 1-14.

Nugroho, R. A., Wakidi, Arif, S., 2017, Media Pembelajaran Gambar dengan Animasi Stopmotion pada Mata pelajaran Sejarah Kelas XI, Universitas Lampung.

Ibrahim, N., Ahmad, W. F. W., Shafie, A., 2015, Multimedia Mobile Learning Application for Children’s Education: The Development of MFolktales, Asian Social Science, Vol. 11(24).

Subedi, B. P., 2016, Using Likert Type Data in Social Science Research: Confusion, Issues and Challenges, International Journal of Contemporary Applied Sciences, Vol. 3(2).

Helmi, T., Munjin, R.A., Purnamasari, I., 2016, Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Izin Trayek oleh DLLAJ Kabupaten Bogor, Jurnal GOVERNANSI, Vol. 2(1), hal. 47-59.

Christiansen, M., 2013, Adobe After Effects CS6 : Visual Effects and Compositing, Studio Techniques Berkeley, Peachpit.

Boldson, H. S., Aries, M., 2014, Pengenalan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia, KOMPUTASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika, Vol.

(2), hal. 86-92.