Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Pelayanan Jemaat Gereja Berbasis Website

Main Article Content

Panji Prrasetyo Panji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi sistem informasi manajemen data pelayanan jemaat gereja berbasis website, yang dimana untuk memberikan kemudahan dan keefektifan dalam mengelola data jemaat gereja data pelayan, data pengurus serta data gereja, serta memberikan informasi mengenai warta dan galeri gereja melalui online. Karena pada sistem Gereja GBT Cisokan sebelumnya masih menggunakan sistem manual dalam mencatat data jemaat gereja, dan memberikan warta gereja menggunakan selembaran kertas.


Dalam membangun sistem ini Penulis menggunakan XAMPP, Visual Studio Code, Web Browser dan Laravel sebagai tools, sedangkan bahasa yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah php, javascript dan menggunakan MySQL sebagai databasenya.


            Pembangunan sistem ini, Penulis menggunakan metode pengembangan perangkat lunak RAD, merupakan sebuah metodologi yang berfokus pada kecepatan dan flekbilitas dalam membuat aplikasi. Metode ini mengutamakan itearasi cepat dan melibatkan pengguna akhir secara aktif dalam pengembangan aplikasi.


Dari aplikasi sistem informasi manajemen data pelayanan jemaat gereja ini, telah diuji menggunakan beberapa metode seperti Black Box testing, white box testing dan user acceptance tests, untuk mengetahui seluruh fungsi fitur yang telah berjalan dengan baik. Serta melalukan pengujian melalui UAT, yang dimana dari hasil tersebut mendapatkan nilai status sangat memuaskan, dari 10 butir pertanyaan dengan dimulai dari skor index persentasi 85% sampai yang paling besar yaitu 91%.


            Maka dari itu sistem ini akan menggantikan proses manual dalam pencatatan data jemaat dan memberikan hasil yang lebih baik, yang pada nantinya akan meningkatkan pelayanan kepada jemaat dan membantu pengurus Gereja GBT Cisokan dalam pengelolaan data gereja yang lebih baik.


Kata Kunci: Sistem Informasi, Aplikasi, Gereja, RAD, Teknologi, Testing.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

H. K. Widodo and dkk, Teknologi Pembelajaran Konsep dan Pengembangannya di Era Society 5.0, vol. III, Pekalongan: PT. Nasya Expanding Managemnet, 2022, p. 11.

A. Widiyastuti and Daliman, "SISTEM INFORMASI PADA GEREJA SANTO PIUS X GISTING BERBASIS WEB," JISN(Jurnal Informatika Software dan Network), vol. I, no. 1, pp. 1-8, 2020.

I. R. Satyaninrum and dkk, METODOLOGI PENELITIAN, Makasar: Cendekia, 2022.

Hermanto, "Agus Hermanto," 23 4 2023. [Online]. Available: https://agus-hermanto.com/blog/detail/metode-pengembangan-rad-rapid-application-development. [Accessed 17 5 2023].

R. Habibi and R. Arilian, Tutorial Dan Penjelasan Aplikasi E-Office Berbasis WEB Menggunakan Metode RAD, Bandung: Kreatif, 2020.

R. F. Nanuru, "GEREJA SOSIAL MENURUT KONSEP RASIONALITAS KOMUNIKATIF JURGEN HABERMAS," in GEREJA DAN PANGGILAN PELAYANAN, Yogyakarta, CV BUDI UTAMA, 2020, p. 52.

W. W. Winarno, Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Wingit Press, 2021.

C. Jessica, "Sistem Informasi: Pahami Definisi, Komponen, dan Jenis-jenisnya di Sini," glints, 26 11 2021. [Online]. Available: https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-sistem-informasi/. [Accessed 20 5 2023].

A. Maulana and dkk, DASAR-DASAR UNTUK MENGEMBANGKAN SITUS WEB, Bandung: Get Press Indonesia, 2023.

A. Shinta, "Apa itu Javascript? Pengertian, Fungsi dan Contohnya," dewaweb, 15 April 2022. [Online]. Available: https://www.dewaweb.com/blog/mengenal-javascript/. [Accessed 23 Mei 2023].

R. Abdulloh, Menguasai React JS Untuk Pemula, Roni Abdulloh, 2020.

M. I. Azizi, "Memahami Konsep Dasar ReactJs," Medium.com, 10 Juni 2021. [Online]. Available: https://aziziihsan.medium.com/memahami-konsep-dasar-reactjs-fe981585d7e8. [Accessed 23 5 2023].

H. W. Oetomo, E-Commerce Aplikasi PHP & MySQL pada bidang Manajemen, Surabaya: Andi, 2020.

S. N. and M. Ardhiansyah, MEMBANGUN WEB DENGAN FRAMEWORK LARAVEL 8, Banten: Pacsal Books, 2021.

Benefita, "Benarkah PHP Laravel Framework Kini Kian Diminati?," NIAGAHOSTER Blog, 21 Febuari 2022. [Online]. Available: https://www.niagahoster.co.id/blog/laravel-populer/. [Accessed 20 Mei 2023].

J. and dkk, Sistem Basis Data, Padang: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI, 2022.

R. Namruddin and dkk, Apa itu MySQL? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya, Makasar: CV. Tohar Media, 2023.

Jho, "Ayo Kenali MySQL: Definisi, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan," Jogjahost, 11 Febuari 2023. [Online]. Available: https://www.jogjahost.co.id/blog/mysql-adalah/. [Accessed 21 5 2023].

S. Dharwiyanti and R. S. Wahyono, Pengantar Unified Modeling Langueage (UML), Ilmu Komputer, 2023.

C. Prianti, H. A. Rasyid and N. E. Sembiring, RANCANG BANGUN SISTEM PERGUDUANGAN SEMUDAH MENYEDUH SECANGKIR KOPI, Kreatif, 2020.

R. Destriana and dkk, DIAGRAM UML DALAM MEMBUAT APLIKASI ANDROID FIREBASE, Yogyakarta: CV. BUDI UTAMA, 2021.

A. Ansori, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN (SIPEGA) PADA PT. PBI KOTA BENGKULU," TEKNOSIA, vol. 17, no. 4, pp. 26-37, 26 April 2023.

R. Destriana and dkk, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase, Jakarta: Deepublish, 2021.