Analisis Sentimen Pada Ulasan Pengguna Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Dengan Metode Naive Bayes Dan K-Nearest

Main Article Content

Dany Pratmanto
Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan
Vadlya Maarif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap data ulasan pengguna aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dengan membandingkan performa dua metode, yakni Naive Bayes dan K-Nearest Neighbor (KNN). Data ulasan diambil dari Google Play Store lalu dipreprocess melalui text cleaning, case folding, tokenization, filtering, stemming, serta removal stopword agar siap dianalisis. Selanjutnya dilakukan transformasi data tekstual menjadi representasi numerik melalui pembobotan TF-IDF dan ekstraksi fitur. Kedua metode machine learning kemudian diimplementasikan untuk melakukan klasifikasi ulasan ke dalam dua kelas sentimen, yaitu positif dan negatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa KNN secara signifikan mengungguli Naive Bayes dalam hal akurasi dan presisi klasifikasi sentimen pada data ulasan aplikasi IKD. KNN mampu mencapai akurasi rata-rata 82,85% dan presisi di atas 80% untuk kedua kelas sentimen. Walaupun demikian, masih terdapat peluang peningkatan performa dengan melakukan parameter tuning serta kombinasi dengan metode lain seperti SVM atau deep learning. Secara keseluruhan, penelitian ini berhasil membuktikan efektivitas penerapan Naive Bayes dan KNN untuk analisis sentimen, khususnya KNN yang menunjukkan hasil paling optimal. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan bermanfaat untuk evaluasi dan pengembangan aplikasi IKD agar lebih user-friendly dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Article Details

Section
Articles

References

D. C. Tinggogoy and J. H. Kaloly, “PELAYANAN PUBLIK: Antara Hak Masyarakat dan Kewajiban Pemerintah (Studi di Kecamatan Loloda Utara, Kabupaten Halmahera Utara),” JIPAGS (Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies), vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.31506/jipags.v5i1.10333.

Zefanya Yosua Jocom, Rossy Lambelanova, and Marja Sinurat, “EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA,” VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia, vol. 13, no. 2, 2021, doi: 10.54783/jv.v13i2.437.

“Mengenal apa itu Identitas Kependudukan Digital - ANTARA News.” https://www.antaranews.com/berita/3392865/mengenal-apa-itu-identitas-kependudukan-digital (accessed Jul. 24, 2023).

“Identitas Kependudukan Digital | Disdukcapil.” https://disdukcapil.sidoarjokab.go.id/informasi/identitas-kependudukan-digital (accessed Jul. 24, 2023).

K. Anwar, “Analisa sentimen Pengguna Instagram Di Indonesia Pada Review Smartphone Menggunakan Naive Bayes,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 4, 2022, doi: 10.30865/klik.v2i4.315.

B. Laurensz and Eko Sediyono, “Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Tindakan Vaksinasi dalam Upaya Mengatasi Pandemi Covid-19,” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, vol. 10, no. 2, 2021, doi: 10.22146/jnteti.v10i2.1421.

S. R. Wardhana and D. Purwitasari, “Klasifikasi Multi Class Pada Analisis Sentimen Opini Pengguna Aplikasi Mobile Untuk Evaluasi Faktor Usability,” INTEGER: Journal of Information Technology, vol. 4, no. 1, 2019, doi: 10.31284/j.integer.2019.v4i1.474.

D. I. Af’idah, D. Dairoh, S. F. Handayani, R. W. Pratiwi, and S. I. Sari, “Sentimen Ulasan Destinasi Wisata Pulau Bali Menggunakan Bidirectional Long Short Term Memory,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 21, no. 3, 2022, doi: 10.30812/matrik.v21i3.1402.

N. B. Putri and A. W. Wijayanto, “Analisis Komparasi Algoritma Klasifikasi Data Mining Dalam Klasifikasi Website Phishing,” Komputika : Jurnal Sistem Komputer, vol. 11, no. 1, 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4350.

H. Hafizah, T. Tugiono, and A. Azlan, “Sistem Pakar Untuk Pendiagnosaan Karies Gigi Menggunakan Teorema Bayes,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD), vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.53513/jsk.v4i1.2625.

A. P. Widyassari and P. E. Suryani, “Komparasi Metode Naïve Bayes dan SAW untuk Pemilihan Penerimaan Insentif Karyawan,” Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, vol. 3, no. 02, 2021, doi: 10.46772/intech.v3i02.555.

I. B. N. W. Manuaba, G. R. Dantes, and G. Indrawan, “Analisis Sentimen Data Provider Layanan Internet Pada Twitter Menggunakan Support Vector Machine Dengan Penambahan Algoritma Levenshtein Distance,” Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan), vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.47970/siskom-kb.v5i2.261.

N. M. Putry, “KOMPARASI ALGORITMA KNN DAN NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI DIAGNOSIS PENYAKIT DIABETES MELLITUS,” EVOLUSI : Jurnal Sains dan Manajemen, vol. 10, no. 1, 2022, doi: 10.31294/evolusi.v10i1.12514.

M. A. Sembiring, R. A. T. Agus, and M. F. L. Sibuea, “ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE ROUGH SET,” JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.54314/jssr.v4i2.647.

“Knowledge Discovery in Databases (KDD) in Data Mining.” https://www.shiksha.com/online-courses/articles/kdd-in-data-mining/ (accessed Jul. 25, 2023).

B. Widodo, H. A. Armanto, and E. Setyati, “Deteksi Pemakaian Helm Proyek Dengan Metode Convolutional Neural Network,” Journal of Intelligent System and Computation, vol. 3, no. 1, 2021, doi: 10.52985/insyst.v3i1.157.