Evaluasi Penggunaan Aplikasi TIX ID Dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Main Article Content

Murni Damayanti

Abstract

TIX ID adalah aplikasi populer di Indonesia yang memudahkan pembelian tiket bioskop dengan harga terjangkau. Aplikasi ini bekerja sama dengan DANA untuk pembayaran yang lebih cepat.[1] Penelitian ini mengevaluasi fitur, pengalaman, dan kepuasan pengguna TIX ID. Metode penelitian meliputi survei online, observasi, wawancara, dan Usability Testing. Hasil penelitian menunjukkan TIX ID memudahkan pembelian tiket online, tetapi perlu perbaikan navigasi dan stabilitas aplikasi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami usability TIX ID untuk perbaikan dan pengembangan selanjutnya. Skor rata-rata pengujian menunjukkan TIX ID memiliki Learnability 4,30, Efisiensi 4,28, Memorabilitas 4,15, Errors 3,36, dan Statisfaction 4,21. Namun, terdapat masalah pada Errors saat pemesanan dan pembayaran yang perlu dicari solusinya.

Article Details

Section
Articles

References

Alvin Nurul Anggraeni. (2019). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BIOSKOP PADA SITUS TIX.ID (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI TIX.ID DI KOTA SAMARINDA). JMA: JURNAL MANAJEMEN DAN AKUNTANSI, 8(4), 055–063.

Bagaskara, S. A., Wibowo, A. T., Izzuddin, M. A., Milad, M. K., Setyowati, D. N., Ridwan, M., & Arifin, S. (2022). Software Quality Testing in Mobile Application (ArabEasy) Based on the PACMAD Model. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(10).

BENY, RIZA, M., & DAVID. (2018). EVALUASI WEBSITE E-TICKETING DENGAN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING DAN WAMMI. Jurnal PROCESSOR, 13(2), 1287–1304.

Fadhilah, N., & Quranisari, S. H. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI M-TIX DAN TIX ID DALAM PEMBELIAN TIKET BIOSKOP DI KALANGAN MAHASISWA. TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 2(5), 153-162.

Fauzan, M. I., & Sujana, S. (2022). Pengaruh Kelengkapan Fitur Aplikasi, Kemudahan Transaksi, Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Pada Aplikasi TIX ID. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1), 1-14.

Hamid, K., Iqbal, M. W., Muhammad, H. A. B., Fuzail, Z., Ghafoor, Z. T., & Ahmad, S. (2022). Usability evaluation of mobile banking applications in digital business as emerging economy. International Journal of Computer Science and Network Security, 22(1), 250-260.

Handita Anya Prameswari, Yusi Tyroni Mursityo, & Hanifah Muslimah Az-zahra. (2020). Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan User Interface pada Aplikasi Mobile Cinepolis Indonesia menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(12), 4329–4338.

Huda, N. (2019, February 28). IMPLEMENTASI METODE USABILITY TESTING DENGAN SYSTEM USABILITY SCALE DALAM PENILAIAN WEBSITE RS SILOAM... ResearchGate; Center for Journal Management and Publication, Lambung Mangkurat University.

Noor, A., & Elvin Leander Hadisaputro. (2022, July 31). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. ResearchGate; unknown.

Prasetyo, B. R., Tazkiyah, I., Fadillah, A. R., Indonesiawan, R. C. S., & Alroy, M. (2022). EVALUASI APLIKASI E-TICKETING TIX ID DENGAN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 80–89.

Putri, A. R. R., & Indriyanti, A. D. (2023). Evaluasi Usability User Interface dan User Experience pada Aplikasi M. Tix dengan Metode Usability Testing (UT) dan System Usability Scale (SUS). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 4(2), 21-32.

Rizky Ashar Murdiono, Tolle, H., & Agi Putra Kharisma. (2018). Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Mobile Penjualan Tiket Online. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(5), 2078–2085.

Rizma, A., & Aries Dwi Indriyanti. (2023). Evaluasi Usability User Interface dan User Experience pada Aplikasi M.Tix dengan Metode Usability Testing (UT) dan System Usability Scale (SUS). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 4(2), 21–32.