Aplikasi Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining Untuk Menentukan Talent Readiness (Studi Kasus: PT. XYZ)

Main Article Content

Jufrensius Antony Barasa
Prya Artha Widjaya

Abstract

Dalam menjaga stabilitas organisasi perusahaan tetap berjalan dengan baik, salah satu strategi manajemen talenta yang diterapkan di PT. XYZ yaitu perencanaan suksesi. Dimana tujuannya yaitu mendapatkan talenta yang dapat menjadi suksesi terbaik dan siap ketika kedudukan kepemimpinan sedang lowong. Namun proses yang sedang berjalan saat ini masih menggunakan cara manual, yang melibatkan serangkaian proses cukup lama dan penilaian subjektif oleh departemen Manajemen Talenta. Dan juga belum memiliki sebuah sistem dengan pemanfaatan teknologi moderen saat ini seperti kecerdasan buatan, sehingga hasil readiness pada setiap talenta masih belum cukup akurat dan kerusakan atau kehilangan data dapat terjadi kapan saja. Maka dari itu, dibangunlah aplikasi sistem pakar untuk menentukan talent readiness. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan pendekatan prototype, dimana pembuatan aplikasi dimulai dari pengumpulan kebutuhan, perancangan, dan diakhiri dengan evaluasi. Aplikasi sistem pakar ini menggunakan metode forward chaining dengan teknik pencarian depth first search. Cara kerjanya adalah dengan mengumpulkan informasi mengenai faktor apa yang mempengaruhi talent readiness, kemudian faktor tersebut dicocokan terhadap data karyawan. Uji coba telah dilakukan dan aplikasi sistem pakar Talent Readiness ini terbukti dapat menentukan kesiapan talenta (talent readiness).

Article Details

Section
Articles

References

Barus, S. P. (2020). Design and Built a Seminar Management Information System to Manage 2019 Indonesian Qualitative Seminar & Workshop (SKLI 2019). International Journal of Informatics and Computation (IJICOM). Vol. 2, No.1.

Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2020). Kerangka Kerja Sistem Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Indonesia. IncomTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer.

Mansyur, I., & Kurniawan, W. (2017). SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU PADA MANUSIA BERBASIS WEB. Seminar Nasional Inovasi Teknologi.