Aplikasi Penyelesaian Numerik Pencarian Akar Persamaan Non-Linier Dan Penerapannya Dalam Menyelesaikan Analisis Break Even Point

Main Article Content

Tri Sutrisno

Abstract

Model matematika merupakan cara sederhana menerjemahkan suatu masalah ke dalam bahasa matematika dengan menggunakan persamaan, pertidaksamaan, atau fungsi. Persoalan yang melibatkan model matematika banyak muncul dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan, seperti dalam  persoalan rekayasa di bidang ekonomi yaitu break even point yang terkadang berbentuk persamaan non-linier yang tidak ideal alias rumit berakibat tidak dapat diselesaikan dengan metode analitik sehingga solusi persoalan tersebut harus diselesaikan dengan metode numerik. Penyelesaian secara numerik melibatkan proses iterasi perhitungan berulang, jika dilakukan secara manual membutuhkan waktu relatif lama dan kemungkinan timbulnya nilai kesalahan (error) akibat manusia relatif besar. Dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada pada saat ini, dibuatlah suatu aplikasi penyelesaian numerik persamaan non-linier yang bertujuan untuk mendapatkan ketepatan dan kecepatan iterasi dalam perolehan hasil akhir, sehingga analisis numerik dapat dilakukan dengan lebih baik dan efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur, kuantitatif komparatif, simulasi numerik dan pembahasan pada setiap metode dilengkapi dengan algoritma, bagan alir (flow chart), dan program komputer dalam bahasa pemrograman C++. Hasil penelitian menunjukkan metode Newton Raphson paling efisien menyelesaikan analisis break even point, hal ini ditunjukkan dengan nilai galat terkecil yang diperoleh pada akhir proses iterasi dan jumlah iterasinya paling sedikit juga dibandingkan dengan metode yang lain.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Tri Sutrisno, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara, Jakarta

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara, Jakarta - Indonesia

References

Munir, Rinaldi, 2015, Metode Numerik: Revisi Keempat, Ed. 1, Informatika Bandung.

Nasution, A dan Zakaria, H., 2011, Metode Numerik dalam Ilmu Rekayasa Sipil, Ed. 2, ITB Bandung.

Yahya dan Nur, A, M., 2018, Pengaruh Aplikasi C# dalam Proses Perhitungan Numerik Terhadap Solusi Persamaan Non Linier, Jurnal Informatika dan Teknologi, No. 2, Vol. 1, hal. 79-87.

Insani, Nur, 20006, Penerapan Metode Bagi Dua (Bisection) Pada Analisis Pulang Pokok (Break Even), Prosiding Seminar Nasional MIPA 2006, Yogyakarta, 3 Februari.

Ismuniarto, 2016, Perbandingan Metode Pengapitan Akar (Bisection, Regula Falsi, Secant) Persamaan Non Linier dalam Menyelesaikan Analisis Break Even, Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.