Analisis Capaian Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Menggunakan Metode K-Means

Main Article Content

Jastien Phang
Bagus Mulyawan
Novario Jaya Perdana

Abstract

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Terdapat banyak mahasiswa/i yang terdaftar dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang sedang mengikuti program-program seperti pertukaran pelajar, magang atau kerja praktik, asisten mengajar, penelitian atau riset, proyek di Desa, wirausaha, studi independen, dan proyek kemanusiaan. Dalam kebijakan ini, Universitas Tarumanagara juga berpartisipasi untuk ikut serta menyukseskan program MBKM. Hal ini mendorong penulis untuk mengembangkan sistem Analisis Capaian Program merdeka belajar kampus merdeka dengan membuat dashboard pengelompokan mahasiswa yang melaksanakan program dari MBKM untuk mempermudah dalam mengetahui siapa saja yang terdapat dalam program tersebut. Selain itu, akan dibuat juga clustering menggunakan metode K-Means untuk mengelompokkan data menurut tipe dan kriteria mahasiswa kedalam program serta melakukan evaluasi k-means dengan menggunakan metode Davies Bouldin Index yang menghasilkan rasio 0,538 dan dapat dikatakan bahwa metode K-Means menghasilkan Cluster yang cukup akurat dalam pengelompokan jumlah peserta yang mengikuti program MBKM.

Article Details

Section
Articles

References

Riris Loisa, Sinta Paramita, Wulan Purnama Sari, “Penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tingkat Fakultas Di Indonesia” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, Vol. 6, No. 1, April 2022: hlm 70-79.

Aziz, Fajar Nur Rohmat Fauzan Jaya, Budi Darma Setiawan, and Issa Arwani. "Implementasi Algoritma K-Means untuk Klasterisasi Kinerja Akademik Mahasiswa." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2 No. 6 (2018).

Irhamni, Firli, Fitri Damayanti, and A. Mifftachul. “Optimalisasi pengelompokan kecamatan berdasarkan indikator pendidikan menggunakan metode clustering dan davies bouldin index.” Prosiding Semnastek. Vol. 1 No. 1 (2014).

Hariyanti, Eva, and Endah Purwanti. “Perancangan Sistem Dashboard Untuk Monitoring Indikator Kinerja Universitas”. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO), Vol. 2014, (September, 2014), h.148.

Oktovianus Irvan, Jap Tji Beng, Dedi Trisnawarman, “Dashboard Pengukuran Kinerja Program Studi Perguruan Tinggi”, Jurnal : Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, Vol VIII, Nomor 1, (2020), h. 7.

Setiyani, Lila. "Desain Sistem: Use Case Diagram." Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK). Vol. 1. No. 1. 2021.

A. K. Tri, “Pemodelan Use Case: Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik,”

Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 1, pp. 77 - 86, Maret 2018.