Rancangan Bangun Sistem Penjualan Suku Cadang Truk Pada Toko Mutiara Motor

Main Article Content

Arya Hartono Winata
Desi Arisandi

Abstract

Penggunaan teknologi dapat menunjang dan meningkatkan keberhasilan aktivitas bisnis, sehingga banyak perusahaan berlomba-lomba menerapkan teknologi untuk bersaing dengan perusahaan lain.  Toko Mutiara adalah toko suku cadang dengan spesialis pada suku cadang untuk berbagai jenis truk. Untuk membantu Toko Mutiara dalam pengelolaan admistrasi terkait penjualan, sebuah sistem penjualan akan dibuat untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Dalam pembuatan sistem penjualan ini menerapkan metode pengembangan waterfall. Alasan menggunakan metode pengembangan waterfall dikarenakan memiliki kelebihan salah satunya dalam pengembangan sistem penjualan adalah kualitas dari sistem yang dihasilkan akan baik karena pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi penjualan suku cadang di Toko Mutiara Motor berbasis website. Pengujian dilakukan dengan Blackbox dan UAT, diketahui fungsi-fungsi pada sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan dan hasil dari UAT mendapatkan persentase sebesar 91% sehingga sistem yang dibuat dapat dikategorikan sangat baik dan dapat dikatakan layak digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Rosmawanti, & Nurfitriyah. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Suku Cadang Luar Pada Perusahaan Raja Buana Motor. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 87-96.

Solihin, & Nusa. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan, Pembelian Dan Persediaan Suku Cadang Pada Bengkel Tiga Putra Motor Garut. Jurnal Infotronik, 107-115.

Yulia, & Arizona. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Jasa Dan Penjualan Suku Cadang Pada Bengkel Podomoro Motor Pontianak Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 86-94.

Wahid. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, 1-5.

Fernandy, H. , & Karim, A. A. (2022). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI WEBSITE PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNUSIA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DAN FRAMEWORK LARAVEL. JUPIKOM, 1-10.