Analisis Kecepatan Internet Wifi Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Main Article Content

Muhammad Yana Haris Farsya
Bagus Mulyawan
Tri Sutrisno

Abstract

Internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh seluruh kalangan dari pelajar hingga pekerja. Selain untuk hiburan, internet kini juga digunakan dalam mengerjakan tugas maupun kerjaan secara efisien. Dikarenakan semakin tinggi minat pada internet, semakin banyak juga perusahaan yang menyediakan jasa penyedia Wifi. Dari berbagai penyedia layanan Wifi tersebut, tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda seperti ada yang internetnya suka terputus, ada yang cukup baik, dan berbagai hal lainnya. Banyak orang yang bingung ingin menggunakawn penyedia layanan apa dikarenakan kurangnya informasi untuk dicari. Website yang dibuat ditujukan bagi para user yang ingin menentukan provider mana yang lebih unggul agar dapat menentukan ingin berlangganan pada provider yang mana di daerah mereka dengan fitur Speedtest. Metode yang digunakan pada website ini adalah Fuzzy Tsukamoto yang digunakan untuk mengkalkulasikan Ping dan Jitter milik user lalu memberikan label dari Sangat Baik, Baik, Cukup, Buruk, dan Sangat Buruk. Hasil yang akan ditampilkan ke sisi user adalah score yang berupa angka dari 0.1 sampai dengan 5 dimana semakin kecil maka semakin bagus kualitas provider serta persentase jumlah komentar.

Article Details

Section
Articles

References

R. Karim, S. S. SUMENDEP, and F. V. I. . Koagouw, “Pentingnya Penggunaan Jaringan Wifi Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka,” e-journal “Acta Diurna,” vol. 5, no. 2, pp. 1–2, 2016.

F. Satria and A. J. P. Sibarani, “Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Pemilihan Karyawan Terbaik Berbasis Java Desktop,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 1, pp. 130–149, 2020, doi: 10.31849/digitalzone.v11i1.3944.

G. Imam, “HTML dan CSS Penulisan Tag,” Html-Css, pp. 1–16, 2016, [Online]. Available: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uac t=8&ved=0CCgQFjAA&url=http://imam.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5856/0 3-HTML+dan+CSS.pdf&ei=KnN7U_C0FZafugS7i4CoBg&usg=AFQjCNGsBwtW5_kOu iDROLuWV_3H-3X3ug&bvm=bv.67229260,d.

N. Naraswari and F. Trias Pontia, “Analisis Uji Kuat Sinyal Terhadap Jarak Jangkau Maksimal Sistem Penerimaan Sinyal Internet Berbasis Edimax HP-5101ACK,” J. Tek. Elektro Univ. Tanjungpura, 2017.

R. Ariona, “Belajar HTML dan CSS Teori Fundamental dalam Mempelajari HTML dan CSS,” Ariona.net Team, p. 58, 2016.