Perancangan Aplikasi Monitoring dan Prediksi Kinerja Publikasi Universitas "X"

Main Article Content

Michael Nathan
Bagus Mulyawan
Novario Jaya Perdana

Abstract

Aplikasi monitoring dan evaluasi perguruan tinggi merupakan suatu aplikasi dalam bentuk website yang dirancang untuk membantu perguruan tinggi dalam mendata publikasi yang ada dan membantu mahasiswa dalam mencari publikasi dalam perguruan tinggi. Digunakan metode Least Square dalam sistem peramalan dalam aplikasi agar dapat mengeluarkan perkiraan publikasi beberapa tahun yang akan mendatang. Pada hasil perhitungan dihasilkan data perkiraan publikasi beberapa tahun kedepan yang akan ditampilkan dalam bentuk grafik. Pengguna jika menjadi admin dapat menambah data terbaru melalui unggah file excel maupun di input secara manual. Sistem yang digunakan dalam proses pembuatan aplikasi adalah Outsystem. Data perkiraan publikasi yang dihasilkan oleh aplikasi dapat membantu perguruan tinggi dalam mengambil sebuah keputusan. Pengujian yang dilakukan di dalam aplikasi menggunakan pengujian kuesioner, blackbox dan Mean Absolute Percentage Error. Hasil yang didapat dari pengolahan data kuesioner adalah aplikasi berjalan dengan sangat memuaskan dan hasil dari perhitungan Mean Absolute Percentage Error adalah hasil peramalan cukup baik.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. “Buku II Standar dan Prosedur Akreditasi Program Studi Sarjana”. Jakarta: BAN-PT, 2017.

Malik, Shadan. 2005. “Enterprise Dashboards - Design and Best Practices for IT”. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Nugraha, Wahyu & Syarif, Muhamad. 2018. “Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website". JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), Volume 3, Nomor 2, November 2018, h. 103.

Wahid, Aceng Abdul. "Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi". Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, Vol.2, Nomor 2, h.3.

Rahmawati, Indah & Wijanarko, Rony. 2019. "Implementasi Prediksi Penjualan Obat Menggunakan Metode Least Square Pada Apotek Demak Farma Jaya". Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, Vol.1, Nomor 1, h.20, Maret 2019.

Jeremy, Albert, & Mulyawan, Bagus. 2018. "Opinion Mining Untuk Ulasan Produk Dengan Klasifikasi Naive Bayes". Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Volume 6, Nomor 1. November 2018.

Chandra, Alvin; Mulyawan, Bagus; & Perdana, Novario Jaya. 2021. “Perancangan Sistem Pengelompokan dan Rekomendasi Saham LQ45 dengan K-Medoids, Exponential Moving Average dan Weighted Product”. JIKSI (Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi), Volume 9, Nomor 1, Januari 2021.

Anggraini, Ria, & Surya, Irma. 2022. “Prediksi Harga Beras menggunakan Metode Least Square”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Volume 6, Nomor 3, h.1150, Maret 2022.