PENGEMBANGAN WEBSITE E-COMMERCE TOKO BUNGA CRAFT ARTER DENGAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING

Main Article Content

Janson Hendryli, M.Kom.
Mitchel Ryu Sopany

Abstract

Industri e-commerce berkembang sangat pesat di Indonesia belakangan ini. Bahkan, negara Indonesia berada di puncak 10 negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Banyak keuntungan yang didapatkan oleh pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dari bisnis e- commerce. Selain itu, dikarenakan pandemi Covid-19, kebutuhan jual-beli saat ini sangat dipermudah dengan hadirnya e-commerce sebagai media jual-beli. Salah satu pelaku usaha yang saat ini menggunakan e-commerce website yaitu Toko Bunga Craft Arter, dimana website sudah berperan sebagai media promosi dan pemasaran bunga. Akan tetapi, website yang ada saat ini masih belum dapat dikatakan optimal. Website Toko Bunga Craft Arter, masih belum cocok digunakan pada perangkat mobile, tampilan visual dari desain masih belum memperhatikan kepuasan pengguna, tidak adanya notifikasi yang masuk ketika adanya pesanan yang masuk, serta belum memperhatikan perilaku-perilaku pengguna. Padahal permasalahan-permasalahan yang ada saat ini berhubungan langsung dengan tingkat kepercayaan dan kepuasan pelanggan Toko Bunga Craft Arter dan tingkat produktivitas mitra, yang akan sangat berpengaruh kepada tingkat penjualan bunga. Melalui pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pengembangan lebih lanjut terhadap website yang dapat memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh mitra, seperti perbaikan bug pada website, membuat tampilan yang responsive terhadap berbagai ukuran device, membuat notifikasi melalui email kepada pemilik dan customer terhadap aktivitas jual-beli, menganalisis berbagai kompetitor, menerapkan Google Analytics, serta menerapkan SEO terhadap website Toko Bunga Craft Arter. Hasil dari pengembangan ini meningkatkan kepercayaan dan kepuasan customer, meningkatkan produktivitas mitra, dan meningkatkan penjualan bunga melalui website.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Janson Hendryli, M.Kom., Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara, Jakarta

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara, Jakarta - Indonesia

References

Aditya, M.S. (2017). 7 Alasan Anda Harus Memiliki Website Mobile Friendly. Niagahoster, Yogyakarta.

Admin. (2021). Hari UMKM Nasional 2021. UMKM Kuat, Bangsa Berdaulat. SMESCO, Jakarta.

Admin. Dokumentasi Developer Android. Google Developers, Cupertino.

Dewi, C. (2021). Website Harus Mobile Friendly. Bernas.id, Yogyakarta.

DPTSI ITS. (2019). Google Analytics & Google Search Console. Direktorat Pengembangan Teknologi Sistem Informasi, Surabaya.

Febry, E, P. (2019). Metode Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Ranking Webometrics pada Web STIKI Malang. Information System for Educators and Professionals. Vol 3, No. 2.

Iaian, P. (2019). Strategi Promosi Penjualan dalam Meningkatkan Penjualan Toko Cahaya Terang Kota Palopo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Palopo.

Nayoan, A. (2022). Apa itu E-Commerce? Berikut Pengertian Jenis, serta Manfaatnya!. Niagahoster, Yogyakarta.

Putra. (2022). SDLC adalah: Fungsi, Metode, dan Tahapan SDLC. Salamadian.

Setiawan, R. (2021). Metode SDLC Dalam Pengembangan Software. Dicoding, Bandung.

Solusi E-Commerce. (2021). 7 Alasan Mengapa Tampilan Website E-Commerce Penting untuk Diperhatikan. Sirclo, Tangerang.

Team. What Is a Responsive Website Design?. Blue Corona, Washington.

Widowati, H. (2019). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia. Databoks, Jakarta.