Evaluasi Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode Naïve Bayes

Main Article Content

Kenny Kenny
Desi Arisandi
Tri Sutrisno

Abstract

Sistem penilaian kinerja karyawan adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menilai kinerja terbaik para karyawannya. Perusahaan melakukan penilaian kinerja terbaik terhadap karyawan untuk mengevaluasi, memovitasi, memverifikasi dan meningkatkan kinerjanya. Hasil kinerja ini menjadi alat untuk membantu pengambilan keputusan seperti promosi, pemberhentian, pemberian bonus atau memberikan umpan balik bagi karyawan. Penilaian dalam penelitian yang telah dilakukan menggunakan 5 kriteria : kehadiran, ketepatan waktu, sikap, kualitas, dan kuantitas menggunakan metode naïve bayes. data yang dipakai dalam penelitian berupa 126 data training. Hasil prediksi diklasifikasikan sebagai Kompeten atau Tidak Kompeten. Testing confusion matrix menghasilkan akurasi sebesar 86.8% dengan menggunakan 70% data training dan 30% data testing.

Article Details

Section
Articles

References

Kurniawan, Aris. Materi Tentang Data Mining Lengkap. https://www.gurupendidikan.co.id/data-mining/, 2 Maret 2022.

Riadi, Muchlisin. Pengertian, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Kinerja. https://www.kajianpustaka.com/2014/01/pengertian-indikator-faktor-mempengaruhi-kinerja.html, 2 Maret 2022.

Aji Prasetya Wibawa, et al., Metode-Metode Klasifikasi. Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, Vol 3, No 1. 2018.

Mujiastuti, Rully; Komariyah, Nur dan Hasbi, Muhammad. 2017. Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, Vol 9, No 2.

Prasetyowati, Erwin, dan Ramadhani, Nilam. 2018. Sistem Evaluasi Dan Klasifikasi Kinerja Akademik Mahasiswa Universitas Madura Menggunakan Naive Bayes Dengan Dirichlet Smoothing. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, Vol 16, No 2.

Nugroho, Kuncahyo Setyo. Confusion Matrix untuk Evaluasi Model Pada Supervised Learning. https://ksnugroho.medium.com/confusion-matrix-untuk-evaluasi-model-pada-unsupervised-machine-learning-bc4b1ae9ae3f, diakses 8 Maret 2022