Sistem Informasi Monitoring Siswa Berbasis Web Pada SMAK BPK Penabur Cianjur

Main Article Content

Enjel Dhamma Shanty
Wasino
Zyad Rusdi

Abstract

Sistem Informasi Monitoring siswa berbasis Web pada SMAK BPK PENABUR Cianjur adalah program untuk memantau absensi siswa, pelanggaran, kegiatan siswa dan nilai siswa seperti nilai tugas, UTS, UAS. Pembuatan program ini bertujuan untuk mempermudah guru untuk memasukan data absensi, pelanggaran, informasi akademik serta nilai siswa dan kepala sekolah dapat memantau setiap informasi akademik, pelanggaran dan nilai siswa secara efektif. Program aplikasi ini menggunakan metode pengembangan waterfall yang dilakukan dalam beberapa tahap seperti analisa, desain, pengkodean dan pengujian. Program ini dikembangkan menggunakan pendekatan analisis berorientasi objek dengan Unified Modelling Language (UML) seperti Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Entity Relational Database, Class Diagram, Window Navigation Diagram. Pengujian program ini menggunakan metode User Acceptance Testing (UAT). Tampilan program “Sistem Informasi Monitoring siswa berbasis Web pada SMAK BPK PENABUR Cianjur” dikembangkan dengan menggunakan Bahasa pemograman HTML, sedangkan untuk penghubung basis data menggunakan Bahasa PHP dengan Framework Codeigniter dan jenis basis datanya sendiri menggunakan MySQL. Software yang digunakan untuk membuat sistem adalah Visual code untuk teks editor, XAMPP yang berfungsi sebagai Server lokal. Berdasarkan hasil analisa pengujian terdapat kesimpulan bahwa sistem yang dihasilkan dapat membantu guru untuk mengelola data absensi, pelanggaran, informasi akademik serta nilai siswa dan siswa dapat melihat jadwal kelas, mata pelajaran, absensi kehadiran, nilai mata pelajaran seperti nilai tugas, ulangan, UTS dan nilai UAS, informasi akademik serta data pelanggaran.

Article Details

Section
Articles

References

AS, M. A., & Septiani, N. A. (2016). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE WATERFALL Studi Kasus: MADRASAHALIYAH AL-MANSYURIYAH KANZA MEKARJAYA TANGERANG. Jurnal TECHNO Nusa Mandiri, Vol. XIII, No. 2.

M. R. (2021). Aplikasi Monitoring Kehadiran Siswa Berbasis Web Untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, Volume 7, No.2.

Abdussomad, Tabrani, M., & Sopandi, R. (2020). PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA MONITORING PELANGGARAN SISWA. JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, VOL. VIII, NO. 2.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (9th Edition). USA: Pearson Education.

Gata, W., & Gata, G. (2013). Sukses Membangun Aplikasi Peanjualan dengan Java. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Bekti, H. B. (2015). Adobe Dreamweaver CS6, CSS, dan Jquery. YOGYAKARTA: ANDI.