Analisis dan Prediksi Data Pemantauan Coronavirus Disease 2019 di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan Metode Double Exponential Smoothing

Main Article Content

Andrew Davyn Daniel
Ery Dewayani
Tri Sutrisno

Abstract

Data Pemantauan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah bagian penting dalam pertimbangan mengambil keputusan terkait pencegahan COVID-19 khususnya pada Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta). Data Pemantauan COVID-19 dianalisis dan diprediksi dengan pembuatan program aplikasi prediksi berbasis web menggunakan Personal Home Page (PHP) dengan framework Laravel dan MySQL yang bertujuan untuk menyajikan informasi penting terkait kondisi pandemi saat ini yang akan membantu dalam pengambilan keputusan. Data tersebut juga digunakan untuk memprediksikan perkiraan jumlah kasus COVID-19 pada masa depan. Data Pemantauan COVID-19 ini berisi data-data seperti Data Jakarta yang berisi informasi harian tentang pemantauan jumlah kasus COVID-19 di DKI Jakarta yang akan dilakukan pemilihan data untuk diprediksi, terdapat juga data lain berupa tampilan dashboard seperti Data Indonesia, Hasil Lab, Pemakaman, Rapid Diagnostic Test Antibody & Antigen dan Vaksinasi Jakarta & Indonesia untuk visualisasi data. Perhitungan prediksi yang dipakai pada penelitian ini menggunakan metode Double Exponential Smoothing karena metode prediksi ini memiliki keakuratan tinggi serta cocok untuk data yang naik turun dalam memprediksikan data pada masa depan. Hasil analisis dan prediksi ini dapat dipakai untuk pertimbangan pengambilan keputusan dalam penanganan COVID-19 di DKI Jakarta.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Andrew Davyn Daniel, Universitas Tarumanagara

Fakultas Teknologi Informasi

References

H. A. Parhusip, “Study on COVID-19 in the World and Indonesia Using Regression Model of SVM, Bayesian Ridge and Gaussian,” J. Ilm. SAINS, vol. 20, no. 2, 2020, doi: 10.35799/jis.20.2.2020.28256.

N. Mohammad, Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

Pressman, Software Engineering Practioner’s APP 8th Ed, vol. 53, no. 9. 2019.

T. H. Handoko, “Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia,” Pengantar Manaj., 2011.

B. Putro, M. T. Furqon, and S. H. Wijoyo, “Prediksi Jumlah Kebutuhan Pemakaian Air Menggunakan Metode Exponential Smoothing ( Studi Kasus : PDAM Kota Malang ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 11, 2018.

Sukamto dan and Shalahuddin(2014:28)., “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 28, 2014.

S. A. Nugraha and R. Setiawan, “Keuangan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu,” J. STT-Garut All Right Reserv., vol. 13, no. 1, 2016.

O. Veza, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY DATA BARANG PADA PT.ANDALAS BERLIAN MOTORS (Studi Kasus : PT Andalas Berlian Motors Bukit Tinggi),” J. Tek. Ibnu Sina, vol. 2, no. 2, 2017, doi: 10.36352/jt-ibsi.v2i2.63.