PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PROGRAM APLIKASI FREELANCE BERBASIS WEB

Main Article Content

Angelina Nataly Dhian
Ery Dewayani
Zyad Rusdi

Abstract

Pandemi COVID-19 saat ini telah memberikan banyak dampak buruk terhadap kehidupan di dunia terutama terhadap perekonomian global, pendidikan, dan aktivitas kehidupan masyarakat yang terhambat. Dampak utama yang dialami oleh masyarakat di dunia adalah kehilangan pekerjaan atau sumber penghasilannya, oleh karena itu perancangan dan pembuatan program aplikasi freelance ini bertujuan untuk menyediakan lapangan pekerjaan yang bersifat tidak terikat dengan kontrak antara pekerja dan klien. Sistem freelance adalah dengan bertanggung jawab langsung dalam mengerjakan pekerjaan sesuai dengan proposal yang sudah disetujui antara klien dan freelancer. Tampilan program aplikasi freelance dikembangkan dengan menggunakan HTML, CSS, JavaScript, dan untuk menghubungkan dengan basis data menggunakan bahasa PHP, serta basis datanya sendiri menggunakan MySQL. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box dengan pengujian User Acceptance Testing (UAT). Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan dapat menemukan pekerjaan sampingan dan memperoleh penghasilan tambahan, selain itu dapat membantu masyarakat yang membutuhkan jasa freelance dengan mudah dan terjamin keamanannya.

Article Details

Section
Articles

References

Nurma Midayanti, S.Si, M.Env.Sc, 2019, Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2019, https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/05/06/1564/februari-2019--tingkatpengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-01-persen.html, diakses tanggal 10 September 2021

Alexius Endy Budianto, 2020, Analisis Bisnis E-Commerce, Ed. 1, Media Nusa Creative, Malang.

Susanto Anna Dara Andriana, Rani, 2016, Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping untuk Pengembangan Sistem Informasi, Majalah Ilmiah UNIKOM, No.1, Vol. 14, Hal. 41.

Balaji, S., & Murugaiyan, M. S., 2012, Waterfall vs. V-Model vs. Agile: A comparative study on SDLC, International Journal of Information Technology and Business Management, No. 1, Vol. 2, Hal. 26-30.

Larasati, H. dan Masripah, S., 2017, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian GRC dengan Metode Waterfall, Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System, No. 13, Vol. 2, Hal. 193-198.

Sigit, 2018, Manajemen Proyek: Penerapan Metode Waterfall,

https://medium.com/skyshidigital/manajemen-proyek-penerapan-metode-waterfall7c047cd2fd1f , diakses tanggal 20 Januari 2021

Kosasih, W., Sriwana, I. K., & Purnama, W. J., 2019, Perancangan Sistem Informasi Perawatan Mesin Menggunakan Pendekatan Analisis Berorientasi Objek, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, No.3, Vol. 6, Hal. 201-208

Prihandoyo, M. T., 2018, Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web, Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), No. 1, Vol. 3, Hal. 126-129

Febriani, Annisa., Hidayati, Nur, 2017, Penerapan Aplikasi Program Penjualan Dan Pembelian Menggunakan Model Rapid Application Development, Jurnal Informatika, No. 2, Vol. 4, Hal. 2355-6579.

Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A., 2019, Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions, Jurnal Informatika Universitas Pamulang, No. 4, Vol. 4, Hal. 125-130.

Kartikawati, H. E., & Wibawa, S. C., 2020, Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Metode Q&A Menggunakan Aplikasi Crossword Puzzle Game Terhadap Penerimaan Pembelajaran Mahasiswa Dengan User Acceptance Test, IT-Edu: Jurnal Information

Technology and Education, No. 1, Vol. 1, Hal. 307-316.