DASHBOARD PENJUALAN DAN PENGIKLANAN TOKOPEDIA PADA CBP GENERAL

Main Article Content

Verrent Prischila
Dedi Trisnawarman
Janson Hendryli

Abstract

Banyaknya pengguna internet menawarkan peluang baru dalam dunia bisnis, terutama terbentuknya konsep bisnis berbasis internet yang sering disebut dengan marketplace. Tokopedia salah satunya, banyaknya penjual di Tokopedia membuat persaingan antar penjual semakin ketat untuk menarik dan mempengaruhi konsumen untuk memilih, membeli produknya dan tidak beralih ke toko pesaing. Oleh karena itu, penjual mencoba melakukan hal ini dengan berbagai cara agar tokonya bisa muncul di awal pencarian (search engine). Pemasar online juga perlu mengembangkan promosi pemasaran yang efektif, terutama bagi konsumen. Tujuan dalam pembuatan Dashboard Pengiklanan dan Penjualan pada toko CBP General adalah untuk membantu mengolah data pengiklanan dan penjualan toko dalam bentuk file excel ke dalam bentuk dashboard yang mudah dipahami, agar dapat membantu pemilik dalam melakukan pengiklanan dan penjualan yang efektif.  Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode Prototype, metode ini digunakan untuk mengetahui proses bisnis dan kebutuhan pengguna sebagai pemilik toko CBP General. Pembuatan dashboard ini menggunakan beberapa tools yaitu, seperti Microsoft SQL Server, Visual Studio, SSIS dan Power BI. Hasil dari pembuatan skripsi ini adalah berupa dashboard pengiklanan dan penjualan yang dapat membantu pemilik dalam melakukan analisa pengiklanan dan penjualan dengan mudah dan cepat.

Article Details

Section
Articles