Pembangunan Aplikasi Freelancing Sektor Konstruksi Rumah Berbasis Web

Main Article Content

Fawwazi Alamsyah
Ery Dewayani
Tri Sutrisno

Abstract

Di Indonesia banyak pekerja sektor konstruksi ataupun biasa disebut tukang bangunan yang jujur dan berkualitas tetapi kesulitan dalam mencari pekerjaan. Padahal banyak pemilik bangunan yang kesulitan mencari pekerja sektor konstruksi yang jujur dan berkualitas. Salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya testimoni hasil pekerjaan dan permasaran yang terbatas dari mulut ke mulut, dari masalah itu memiliki ide untuk membangun suatu platform atau aplikasi yang menyambungkan antara SDM bidang konstruksi dengan calon pelanggan. dengan aplikasi ini, maka calon pelanggan bisa dengan mudah mencari SDM yang jujur dan berkualitas dikarenakan adanya informasi review dari pelanggan lain. Pada aplikasi ini pelanggan bisa menawarkan suatu projek, dan langsung ditawar oleh beberapa pekerja sekaligus. Dari situ pelanggan dapat dengan mudah memilih SDM yang paling sesuai dengan budget dan ekspetasi nya. Sistem ini dibangun menggunakan metode waterfall dengan framework PHP yaitu Laravel versi 8 didukung dengan database phpMyAdmin untuk mengolah basis datanya.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmadi & Hermawan., 2013, E-Busines & E-Commerce, Yogyakarta: Andi Offset

M. Faid & Hasbul Bahar., 2019, Aplikasi Bantu Rakyat Berbasis Android Dalam Menghadapi Revolusi Industi 4.0, Journal Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF). UNMER Malang.

Sumardy., 2011, The Power of Word of Mouth Marketing, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Martin Halomoan Lumbangaol, M. R. R., 2020, Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan dan Penyewaan Properti Berbasis WEB Di Kota Batam, Jurnal Comasie, 01(03), 83–92.

Tukino., 2020, Rancang Bangun Sistem Informasi E-Marketing Pada Pt Pulau Cahaya Terang, Computer Based Information System Journal, 08(01), 25– 33.

Pressman, R.S., 2015, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I, Yogyakarta: Andi.

Anggraeni, E. Y., & Irviani, R., 2017, Pengantar Sistem Informasi, (E. Risanto, Ed.), Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Andri Kristanto., 2011, Perancangan Sistem Informasi, Gava Media, Yogyakarta

A.S, Rosa, dan M. Shalahuddin., 2016, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung.

Yanto, Robi., 2016, Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deeppublish.

Raharjo, Budi., 2015, Belajar Otodidak Framework Code Igniter, Bandung: Informatika

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M, 2015, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung