Analisa Penggunaan Algoritma Apriori Beserta Market Basket Analysis Untuk Menentukan Pola Beli Konumen Di Kantin XY

Main Article Content

Adryan Tjengharwidjaja
Desi Arisandi
Tri Sutrisno

Abstract

Bisnis usaha yang bergerak di bidang kuliner sangat berkembang pesat di Indonesia. Setiap usaha ini memiliki keunikan sendiri dalam pilihan item dalam menu yang dijual namun karena banyak nya bisnis yang bergerak dalam bidang serupa, persaingan pun tetap tidak bisa dihindari. Kesulitan persaingan juga bertambah lagi akibat wabah virus Covid-19 yang masih ada di Indonesia. Untuk bisa tetap bersaing dan menutup kerugian pendapatan, maka bisnis kuliner ini harus memanfaatkan teknologi, mulai harus beradaptasi melakukan penjualan secara online. Penyusun namun percaya, selain faktor adaptasi menggunakan teknologi untuk berjualan, masih ada faktor lain yang bisa dipertimbangkan untuk lebih mendukung penjualan bisnis, faktor tersebut adalah pola beli konsumen pada suatu tempat makan. Penyusun memiliki hipotesis apabila dapat ditemukan pola beli item yang ada di menu, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa item tersebut sangat diminati oleh pelanggan. Untuk laporan ini penyusun memiliki sukarelawan yaitu Kantin XY. Data yang digunakan adalah data transaksi penjualan selama 2 bulan berjumlah 600 data, data yang dicatat berasal dari cabang Kantin XY di Bangka Raya. Algoritma yang digunakan adalah algoritma apriori dan dan dalam perhitungan menggunakan program berbasi web yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, minimum support 2% dan minimum confidence 30%. Hasil yang didapatkan adalah 3 aturan asosiasi yang bisa menjadi panduan bagi pemilik Kantin XY untuk menyusun strategi penjualan dari hasil analisa yang didapat.

Article Details

Section
Articles

References

Han, J. dan M. Kamber, Data Mining Concepts and Techniques Second Edition. San Francisco: Morgan Kaufmann, (UK: Elsevier Inc, 2006), h.20

Daniel T. Larose dan Chantal D.Larose, DISCOVERING KNOWLEDGE IN DATA An Intorudction to Data Mining Second Edition, (Canada: John Wiley & Sons. Inc.,, 2014), h.25

Revatta Maggandari, Market Basket Analysis Sederhana Part1, https://medium.com/@rmaggandari/market-basket-analysis-sederhana-part-1-e84fea973b6, 9 September 2021

David L. Olson, Shi Yong, Introduction to Business Data Mining, (McGraw-Hill/Irwin 2007)

Yuliana Epianingsih, ‘Analisis Pola Perilaku Pembelian Produk secara Bersamaan pada Restoran X Menggunakan Association Rules Mining Menggunakan Algoritma Apriori', https://media.unpad.ac.id/thesis/140610/2015/140610150029_2_2556.pdf , 26 September 2021

Anonimous, Konsep Data Mining ASSOCIATION RULE (ALGORITMA A PRIORI), https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/Association_Rule.pdf, 9 September 2021

Han, J. dan M. Kamber, Data Mining Concepts and Techniques Second Edition. San Francisco: Morgan Kaufmann, (UK: Elsevier Inc, 2006), h.234