Penerapan Klasifikasi Suara Sebagai Autentikasi Keamanan Sistem Login Menggunakan Gaussian Mixture Models

Main Article Content

Audie Milson
Dyah Erny Herwindiati
Novario Jaya Perdana

Abstract

Program penerapan klasifikasi suara sebagai auntetikasi keamanan sistem login merupakan sebuah program berbasis website yang dibuat untuk menguji efektivitas metode autentikasi suara sebagai alternatif metode autentikasi biometrik dalam meningkatkan keamanan sistem login suatu aplikasi. Program website yang dibuat terdiri dari bagian Frontend dan bagian Backend yang dibangun dengan modul Python Flask dalam pembentukan API yang berfungsi sebagai fungsionalitas website dan modul Vue Js dalam pembuatan tampilan aplikasi. Aplikasi yang dibuat kemudian diuji dari segi fungsionalitas, tingkat akurasi model dalam mengklasifikasikan suara dan keamanannya dengan metode blackbox testing dan serangkaian security test seperti penetration testing, SQL Injection, dan XSS Attack dengan hasil pengujian aplikasi berfungsi sesuai ekspektasi dan tidak rentan terhadap serangan SQL Injection ataupun XSS Attack, sedangkan hasil dari pengujian tingkat akurasi model dalam mengklasifikasikan suara menghasilkan tingkat akurasi sebesar 67% dengan menggunakan 5 suara sebagai input awal. Hasil dari serangkaian pengujian yang telah dilakukan menunjukan bahwa perpaduan metode Linear Predictive Coding dan Gaussian Mixture Model kurang efektif dalam mengklasifikasikan suara, akan tetapi metode Autentikasi Suara berhasil meningkatkan tingkat keamanan sistem login pada aplikasi.

Article Details

Section
Articles

References

Carrasco, Oscar Contreras, 2019, “Gaussian Mixture Models Explained From intuition to implementation”, https://towardsdatascience.com/gaussian-mixture-models-explained-6986aaf5a95, diakses tanggal 1 Januari 2022.

Fachri, Fahmi, Abdul Fadlil, Imam Riadi, 2021, “Analisis Keamanan Webserver menggunakan Penetration Test”, Jurnal Informatika Vol.8 No.2, hal. 183-190.

Kenshanahan, Agaton, 2021, “Hati-hati, Ini 10 Jenis Serangan Siber yang Paling Sering Diadukan ke BSSN”, https://kumparan.com/kumparannews/hati-hati-ini-10-jenis-serangan-siber-yang-paling-sering-diadukan-ke-bssn-1vm9KCfDTGq/full, diakses tanggal 1 Januari 2022.

Singh, Aishwarya, 2019, “Build Better and Accurate Clusters with Gaussian Mixture Models”, https://www.analyticsvidhya.com/blog/2019/10/gaussian-mixture-models-clustering/, diakses tanggal 31 Agustus 2021.

S, Kristen, “Cross Site Scripting (XSS)”, https://owasp.org/www-community/attacks/xss/, diakses tanggal 2 Januari 2022.

W.S. Mada Sanjaya, Dyah Anggraeni, Ikhsan Purnama Santika, 2017, Speech Recognition using Linear Predictive Coding (LPC) and Adaptive Neuro-Fuzzy (ANFIS) to Control 5 DoF Arm Robot, Journal of Physics: Conference Series.