SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK TUTUPAN LAHAN HIJAU PADA WILAYAH BOGOR BERDASARKAN DATA REMOTE SENSING

Main Article Content

Cindy Maharani Ariesta
Dyah Erny Herwindiati
Manatap Dolok Lauro

Abstract

Perubahan luas tutupan lahan hijau tanah pada wilayah Bogor perlu diperhatikan sebagai acuan tindakan preventif untuk mencegah fenomena alam yang merugikan masyarakat yang tinggal di wilayah sekitarnya. Aplikasi Sistem informasi geografis (SIG) untuk tutupan lahan hijau dirancangan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Javascript dengan metode EVI yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi luas tutupan lahan pada kelas impervious, hijau sebagian, dan hijau pada wilayah Bogor di tingkat kecamatan menggunakan data citra satelit Landsat 8 pada tahun 2014 hingga 2020. Preprocessing dilakukan pada citra satelit Landsat 8 dengan melakukan transformasi citra menjadi 8 bit dan pemotongan tiap wilayah kecamatan dalam wilayah Bogor terhadap band 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. Data input yang digunakan pada SIG berupa nilai piksel dari citra Landsat 8 pada band 2, 4, dan 5. Output berupa citra pemetaan dan luas lahan setiap kelas tutupan lahan. Hasil penelitian dapat memberikan informasi untuk mempermudah instansi terkait dalam me-monitoring luas tutupan lahan pada setiap kelas di wilayah Bogor pada tingkat kecamatan

Article Details

Section
Articles

References

Admindpu, Ruang Terbuka Hijau, https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/105/ruang-terbuka-hijau, diakses tanggal 15 Agustus 2021.

Lamijo, Gusti Ayu Ketut Surtiari, Akar Konflik dan Penyelesaian di Jakarta Sebagai Megacity, http://lipi.go.id/publikasi/akar-konflik-dan-penyelesaiannya-di-jakarta-sebagai--megacity/35135, diakses tanggal 25 Agustus 2021.

BPK RI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, https://jakarta.bpk.go.id/pemerintah-provinsi-dki-jakarta/, diakses tanggal 25 Agustus 2021.

Parangtritis Geomaritime Science Park, Perkembangan Landsat, https://pgsp.big.go.id/perkembangan-landsat/, diakses tanggal 27 Agustus 2021.

L3HARRIS, Vegetation Analysis: Using Vegetation Indices in ENVI, https://www.l3harrisgeospatial.com/Learn/Whitepapers/WhitepaperDetail/ArtMID/1781/ArticleID/16162/Vegetation-Analysis-Using-Vegetation-Indices-in-ENVI, diakses tanggal 28 Agustus 2021.

Juniyanti, L., Prasetyo, L.B., Aprianto, D.P., Purnomo, H., dan Kartodihardjo, H., 2020 Perubahan Penggunaan dan Tutupan Lahan, Serta Faktor Penyebabnya di Pulau Bengkalis, Provinsi Riau (Periode 1990-2019), Journal of Natural and Environmental Management, Vol. 10(3), hal. 419-435

Olah, Christopher, 2015, Understanding LSTM Networks, https://colah.github.io/posts/2015-08-Understanding-LSTMs/, diakses tanggal 14 Desember 2021.