Sistem Informasi Pengolahan Data Pemantauan Karyawan Studi Kasus PT Gadai Jadi Berkah

Main Article Content

Syarah Syarah
Desy Mora Daulay
Try Kurniadi

Abstract

Sumber Daya Manusia adalah komponen penting dalam perusahaan, saat ini Sumber Daya Manusia bukan hanya sebagai alat produksi tetapi juga sebagai penggerak dan penentu berlangsungnya segala aktifitas dalam suatu organisasi. PT Gadai Jadi Berkah dengan jumlah karyawan sekitar 200 orang yang terdiri dari kantor pusat dan 50 outlet yang tersebar di beberapa daerah.Pengolahan dan penyimpanan informasi data karyawan yang masih konvensional yaitu berupa file kertas yang tertera pada mading perusahaan, informasi data karyawan pada mading tidak cepat terupdate ketika adanya perubahan posisi karyawan  sehingga menyebabkan kesalahan informasi posisi karyawan dan sulitnya memantau status karyawan (training, kontrak, dan tetap) dan grade karyawan (A, B, C, D), untuk itu dibutuhkan sistem pengolahan data pemantauan karyawan yang dapat membantu HRD dalam mengolah data karyawan, memantau status dan grade karyawan. Sistem pengolahan data pemantauan karyawan ini dibuat menggunakan bahasa pemograman PHP dan database Mysql dan metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis menggunakan analisis Object Oriented Analysis(OOA), metode perancangan sistem menggunakan tools Unified Modeling Language (UML) dan pengujian sistem menggunakan blackbox testing. Penelitian ini menghasilkan sistem pengolahan data pemantauan karyawan dengan tujuan untuk Membantu HRD dalam mengolah data karyawan dengan cepat dan membantu HRD dalam memantau status karyawan (training, kontrak dan tetap), grade karyawan (A, B, C, D) serta memperoleh informasi perubahan posisi karyawan dengan cepat dan up to date.

Article Details

Section
Articles

References

Abdurahman, M. 2018. Sistem Informasi Data Pegawai Berbasis Web Pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan Kota Ternate. Jurnal lmiah Ilkominfo - Ilmu Komputer & Informatika 1(2): 70–78.

Andi, D., Nuraldy, L.H, dan Imbron. 2020.Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Megaprima Di Jakarta.Jurnal Ekonomi Efektif 3(1): 18–41.

Anggreni, P., Suartini, N. W, dan Mahendradatta, U. 2019 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia di 3 Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Persaingan Global (Studi pada Universitas di Provinsi Bali ). Jurnal ISEI 3(1): 26–34.

Ansori, Y. Z. 2019. Islam dan Pendidikan Mutikultural. Jurnal Cakrawala Pendas 5(2): 40–44.

Arifin, R., Nangoy, G. B, dan Mawikere, L. M. 2019. Analisis Perlakuan Akuntansi Gadai Emas Syariah Berdasarkan PSAK 107 pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Manado. Jurnal EMBA 7(3): 3867–3876.

Ayu, F dan Permatasari, N. 2018. Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data PKL Pada Divisi Humas PT Pegadaian. Jurnal Infra tech 2(2): 12–26.