PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ABSENSI “JIKAN” DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN

Main Article Content

Carlene Lim
Aurellia Clearesta Sumarlie
Fernando Fernando
Darius Andana Haris

Abstract

“JIKAN” dirancang karena adanya ketidakpuasan di kalangan karyawan yang merasa absensi online di masa pandemi ini kurang maksimal, baik dari fitur maupun tampilan yang digunakan oleh ABC University. Aplikasi JIKAN dirancang dalam bentuk aplikasi mobile dengan menggunakan metode User Centered Design dimana pengguna nyata dilibatkan dalam proses perancangan prototipe. Metode pengujian yang digunakan adalah Black Box Testing, dan Usability Testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa JIKAN dapat digunakan sebagai alternatif desain aplikasi absensi Universitas ABC dan desain aplikasi JIKAN yang modern mungkin tidak untuk setiap dosen atau staf.

Article Details

Section
Articles

References

Interaction Design Foundation. User Centered Design. Interaction Design Foundation. t.thn. https://www.interaction-design.org/literature/topics/user-centered-design, diakses tanggal 31 Juli 2021.

Bastian, Henry, dan Godham Eko Saputro., 2021, DESAIN USER INTERFACE GAME FAIRPLAY POKER MENGGUNAKAN METODE UCD (USER CENTERED DESIGN), ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 01, no. 07 .

Ofni Systems, User Requirements Specification. Ofni Systems, http://www.ofnisystems.com/services/validation/user-requirement-specifications/, diakses tanggal 2 Agustus, 2021.

Surry, Daniel W., 2019, Bringing the User into the Project Development Process. South Alabama: University of South Alabama.

Universitas Raharja, 2020, Black Box Testing. https://raharja.ac.id/2020/10/20/black-box-

testing/.