Perbandingan Metode Fuzzy Mamdani Dengan Fuzzy Sugeno Untuk Evaluasi Kinerja Karyawan (Studi Kasus: Firma Hukum XYZ)

Main Article Content

Hamonangan Munte
Apip Pramudyansyah
Umryah

Abstract

Dalam sebuah perusahaan, evaluasi atau penilaian kinerja terhadap karyawan sangat penting dilakukan untuk mengidentifikasi dan menilai karyawan dalam melaksanakan pekerjaan dan tanggungjawabnya. Penilaian karyawan menjadi acuan bagi manajemen untuk pengambilan keputusan khususnya untuk penentuan pemberian penghargaan bagi karyawan tersebut. Penilaian ini bisa menjadi dasar manajemen untuk mengetahui kemampuan perusahaan menjalankan bisnisnya. Penilaian ini juga berlaku pada firma hukum XYZ sebagai salah satu firma hukum terbesar di Indonesia yang melakukan evaluasi terhadap karyawannya tiap tahun. Metode penilaian yang dilakukan saat ini masih sederhana yaitu dengan aplikasi excel. Selain itu parameter yang digunakan dalam penilaian kinerja karyawan masih kurang untuk penilaian sesuai dengan kebutuhan firma hukum XYZ. Penelitian ini membandingkan penggunaan dua metode yaitu metode logika fuzzy Mamdani dan fuzzy Sugeno. Untuk perhitungan dimulai dengan menentukan himpunan setiap variabel fuzzy, pembentukan aturan kabur (implikasi), aturan komposisi menggunakan fungsi Max, penegasan (defuzzifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode fuzzy Sugeno menghasilkan nilai lebih tinggi dari metode Mamdani yaitu “Tidak Baik” sebanyak 5%, “Baik” sebanyak 70% dan “Sangat Baik” sebanyak 25%, sedangkan fuzzy Mamdani menghasilkan nilai “Tidak Baik” sebanyak 20%, “Baik” sebanyak 75% dan “Sangat Baik” sebanyak 5%. Perhitungan metode fuzzy Sugeno terbukti menghasilkan nilai lebih unggul dari metode Mamdani.

Article Details

Section
Articles

References

Ferdinandus dan Ira Luvi Indah Astutik, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Membantu Siswa SMA Kelas XII Dalam Menentukan Jurusan di Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan Logika Fuzzy Metode Mamdani”, Seminar Nasional Inovasi dalam Desain dan Teknologi, 159, 2015.

Muthohar, A., & Rahayu, Y, “Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Pada Penilaian Kinerja Pelayanan Perawat”, Journal of Applied Intelligent System, 1(1), hal. 67–76, 2016.

Wijaya, I. H, “Protipe Sistem Penilaian Kinerja Vendor Edc Menggunakan FIS Mamdani Dan ANFIS Studi Kasus Bank Mandiri”, Jurnal Ilmiah FIFO, 9(2), hal.123, 2017.

Davis, Fred D. Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information System Theory and Results. Dissertation. Massachusetts Institute of Technology (MIT), 1986.

Erwin Setiawan, “Penerapan Metode Fuzzy Ahp Dan Analytic Rubric Dalam Penilaian Kinerja Karyawan PT XYZ”, Jurnal Manajemen Maranatha, 16(1), 2016.

Simanjuntak, M., & Fauzi, A, “Penerapan Fuzzy Mamdani Pada Penilaian Kinerja Dosen (Studi Kasus STMIK Kaputama Binjai)”, Jurnal ISD, 2(2), 2528–5114, 2017.

Akhirina, T. Y., & Sonny, M, “Fuzzy Inference System (FIS) dengan Metode Tsukamoto dan Mamdani dalam Menentukan Kelayakan Kenaikan Gaji Karyawan”, Jurnal Komtika, 1(2), 7–14, 2017

Saepullah, A, “Comparative Analysis of Mamdani, Sugeno and Tsukamoto Method of Fuzzy