Pemetaan Lokasi Tanaman Kebun Raya Cibodas Berbas Android

Main Article Content

Lita Karlitasari
Ismanto Ismanto

Abstract

Kebun Raya Cibodas saat ini memiliki 8 koleksi tanaman dengan 2.040 jenis, dan 11.746 spesimen. Dengan luas yang mencapai 84,99 hektar dan banyaknya tanaman di Kebun Raya Cibodas, seringkali pengunjung maupun peneliti kesulitan menemukan lokasi tanaman yang ada, begitu juga informasi yang terkait dengan tanaman-tanaman tersebut. Untuk itu dibutukan dibutuhkan rute dan jarak yang paling minimum (terkecil) dalam mencapai lokasi tanaman tersebut. terdekat dan tercepat manakah yang bisa ditempuh. Tujuan penelitian adalah melakukan pemetaan lokasi tanaman Kebun Raya Cibodas berbasis Android. Ada pun tahapan métode penelitian yang dilakuan adalah : 1) Penentuan titik koordinat tanaman, 2) Melengkapi dengan informasi terkait jenis tanaman (nama latín, family, dll), 3) Pembuatan rute perjalanan dengan menggunakan Algoritma Floyd Warshall, 4) Pembuatan Augmented Reality (AR). Produk Luaran yang akan dihasilkan adalah Teknologi Tepat Guna, dimana pengunjung dan peneliti dapat dengan cepat mengetahui lokasi tanaman, kemudian ditunjukkan rute terdekat ke lokasi tersebut, serta dapat menampilkan informasi terkait tanaman yang diinginkan.

Article Details

Section
Articles

References

Gembong Tjitrosoepomo. 2017. Taksonomi Tumbuhan, Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Republic of Indonesian-Indonesian Institute of Sciences Botanic Garden of Inndonesia, 2010, List of Living Plants Collection Cultivated in Cibodas Botanic Gardens, Cibodas Botanic Garden, Cipanas.

Lita Karlitasari, Ismanto, Indra Gunawan, 2013, Aplikasi Pembelajaran Taksonmi Tumbuhan Berbasis CD Interaktif, Prosiding SemNAs MIPA, Bogor, 291-295.

Ismanto, Lita Karlitasari, Indra Gunawan, 2014, Pengembangan Kamus Digital Taksononi Tumbuhan Berbasis Android, Proceeding Seminar Nasional Biodiversitas V, Surabaya, 362-372.

Lita Karlitasari, Ismanto, Agung Prajuhana Putra, 2017, Android-Based 3D Visualization of Indonesia Medicinal Plants, Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, Vol 5, No. 1, January 2017, 229-233.

Lita Karlitasari dan Ismanto, 2017, Penerapan Visualisasi 3D Tanaman Air Berbasis Android pada Mahasiswa Biologi, Jurnal Ekologia, Vo.l 17, No.2, Oktober 2017, Bogor, 24-28.

Ira Maulida Suseno, Herfina, Lita Karlitasari, 2019, Penerapan Algoritma Floyd Warshall Pada Sistem Navigasi Pengenalan Tanaman Menggunakan Augmented Reality, Fakultas Matematika dan Ilmu PEngetahuan Alam, Universitas Pakuan, Bogor.

Vera Apriliani Nawagustia, 208, Penerapan Algoritma Floyd Warshall dalam Aplikasi Penentuan Rute Terpendek Mencari Lokasi BTS (Base Tower Station) pada PT.GCI Palembang, Jurnal Nasional Teknologi & Sistem Informasi,Vol. 4, No 2, Padang.

Dewi Agushinta R., Ihsan Jatnika, Henny Medyawati, Hustinawaty Hustinawaty, 2018, Augmented Reality Design of Indonesia Fruit Recognition, International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE) Vol. 8, No. 6, Yogyakarta.

Steven Pragestu, Herry Sujaini, Arif Bijaksana Putra, 2015, Implementasi Augmented Reality dengan Memanfaatkan GPS Based Tracking pada Sistem Pengenalan Gedung Universitas Tanjungpura, Jurnal Edukasi dan PEnelitian Informatika, Pontianak.