BERMAIN DENGAN ANGKA: MENGGUNAKAN SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD

Main Article Content

Putri Oktariana
Juniven Claudes
Nivia
Bayu Eko Saputro
Dany Setiawan
Mochamad Hammam Tegar Utomo
Fransisca Iriani R. Dewi

Abstract

Numeracy is one of the important mathematical skills to be mastered by students at the Elementary School level. Numeracy includes understanding numbers, arithmetic operations, measurement, and solving mathematical problems. The use of abacus in improving students' numeracy skills is interesting. The purpose of this activity is to evaluate the effectiveness of using abacus in improving students' numeracy skills. The activity was carried out using the Pre Test method, teaching the use of abacus, and Post Test to analyze students' ability to solve math problems. The results showed that there was a significant difference between the lowest and highest scores. The average PreTest score was 68.7, and the average Post Test score was 58.2, which gives an idea of the students' understanding of the abacus subject matter. Although there has not been an increase in the use of the abacus, and it has not fully helped students in counting correctly due to the lack of abacus learning time given to students. Collaboration with leading educators and abacus practitioners contributed to the development of more effective teaching methods. Thus, this article concludes that the use of abacus can be an effective tool in improving students' numeracy skills, but it is not achieving the expected results. One way to solve this problem is to give students more time, more practice, more mentoring, and more organized evaluation


ABSTRAK


Numerasi merupakan salah satu keterampilan matematika yang penting untuk dikuasai oleh siswa-siswi di tingkat Sekolah Dasar. Numerasi meliputi pemahaman tentang angka, operasi aritmatika, pengukuran, dan pemecahan masalah matematika. Penggunaan sempoa dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa secara menarik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan sempoa dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Kegiatan dilakukan dengan metode Pre Test, pengajaran penggunaan sempoa, dan Post Test untuk menganalisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nilai yang signifikan antara nilai terendah dan tertinggi. Nilai Pre Test rata-rata 68,7, dan nilai Post Test rata-rata 58,2, yang memberikan gambaran tentang pemahaman siswa terhadap materi pelajaran sempoa. Meskipun belum terdapat peningkatan pada penggunaan sempoa, serta belum sepenuhnya membantu siswa dalam berhitung dengan tepat karena kurangnya waktu pembelajaran sempoa yang diberikan kepada siswa. Kerjasama dengan para pendidik terkemuka dan praktisi sempoa berkontribusi dalam pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif. Dengan demikian, artikel ini menyimpulkan bahwa penggunaan sempoa dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa, tetapi tidak mencapai hasil yang diharapkan. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan memberikan lebih banyak waktu kepada siswa, lebih banyak latihan, lebih banyak pendampingan, dan evaluasi yang lebih terorganisir.

Article Details

How to Cite
Oktariana, P., Claudes, J., Nivia, Eko Saputro, B., Setiawan, D., Tegar Utomo, M. H., & Iriani R. Dewi, F. (2024). BERMAIN DENGAN ANGKA: MENGGUNAKAN SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(2), 313–322. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i2.30456
Section
Articles
Author Biographies

Juniven Claudes

Faculty of Psychology, Tarumanagara University, Jakarta, Indonesia

Nivia

Faculty of Psychology, Tarumanagara University, Jakarta, Indonesia

Bayu Eko Saputro

Faculty of Information Technology, Tarumanagara University, Jakarta, Indonesia

Dany Setiawan

Faculty of Information Technology, Tarumanagara University, Jakarta, Indonesia

Mochamad Hammam Tegar Utomo

Faculty of Information Technology, Tarumanagara University, Jakarta, Indonesia

Fransisca Iriani R. Dewi

Faculty of Psychology, Tarumanagara University, Jakarta, Indonesia

References

Ali, N. N., & Ni'mah, K. (2023). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 267-274.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh kemampuan numerasi dalam menyelesaikan masalah matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10.

Anjasrina, P. S. M., Putri, L. I., & Shobirin, M. (2021). The Effectiveness of Abacus on Quick and Accurate Counting Ability based on Ethnomatematics in Madrasah Ibtidaiyah in Thailand. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 107–118. https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/2478

Anuli, W., Kadir, K., & Mashanafi, S. (2022). Penerapan Media Sempoa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Cokro Aminoto Desa Ikhwan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 44-53.

Aripen. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 12 Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat.

Bantacut, T. (2013). Pembangunan Ketahanan Ekonomi dan Pangan Pedesaan Mandiri Berbasis Nilai Tambah. Jurnal PANGAN, 22(2). https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/68912

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Fitri, E. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Melalui Peran Pendidik Berdasarkan Supervisi Pendidikan Untuk Terciptanya Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas. https://doi.org/10.31227/osf.io/95863

Gerakan Literasi Nasional. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasanah, N., Rajagukguk, K. P., Lubis, E. L. S., Sadri, M., Azhar, P. C., Sugma, A. R., Habib, M., Lubis, R. R., Rambe, N., & Aisyah. (2022). SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI GURU- GURU KEC. GEBANG KAB. LANGKAT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 14–23. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/316/320

HM, B. S. (2001). SEMPOA DALAM PERSPEKTIF MEDIA PEMBELAJARAN HITUNG ARITMATIKA. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 5(2), 39–42. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v5i02.5359

Lanya, H., Aini, S. D., & Irawati, S. (2020). Pelatihan Metode Jarimatika sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 390–398. https://doi.org/10.30653/002.202052.293

Level Belajar Di Sempoa SIP. (2015, January 24). SEMPOA SIP PALEMBANG. https://sempoasippalembang.wordpress.com/hubungin-kami/level-belajar-di-sempoa-sip/

Nurkhayati, E. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sempoa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Di Min 3 Banyumas. Skripsi thesis, UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Rizki, M. (2023). Dampak Penggunaan Sempoa dalam Pembelajaran Berhitung di SDN Mambulu Barat 4 Kec. Tambelangan Kab. Sampang Jawa Timur. International Muktamar for Arabic Language and Islamic Studies, 2(2), 323–348. https://ejournal.iaforis.or.id/index.php/imies/article/view/206

Wijayanti, S. P., & Suswandari, M. (2022). Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 58-66.