GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA DUSUN X KABUPATEN INDRAMAYU

Isi Artikel Utama

Ninawati
Untung Subroto
Katzuko Angelica Natalie Koropit

Abstrak

 


ABSTRAK


Remaja merupakan masa manusia mengalami banyak perubahan di dalam hidupnya. Perubahan yang dialami remaja mencakup perubahan fisik, kognitif, hingga sosial-emosional. Oleh sebab itu, penting bagi remaja untuk memiliki kemampuan penyesuaian diri yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran penyesuaian diri remaja, khususnya remaja dusun yang bertempat tinggal di Dusun X Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian yang terlibat dalam penelitian ini merupakan remaja yang bertempat tinggal di Dusun X Kabupaten Indramayu. Remaja yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 27 orang, dengan 12 laki-laki dan 15 perempuan yang memiliki rentang usia 13-18 tahun. Untuk mendeskripsikan penyesuaian diri remaja, peneliti menggunakan alat ukur Social Emotional Adjustment Scale, yang telah diadaptasi oleh Bagian Riset dan Pengukuran Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara ke dalam Bahasa Indonesia. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Z Score. Teknik ini digunakan untuk melihat tingkatan penyesuaian diri remaja Dusun X Kabupaten Indramayu. Berdasarkan pada hasil pengolahan data menggunakan Z Score, ditemukan bahwa mayoritas remaja Dusun X Kabupaten Indramayu memiliki tingkat penyesuaian diri yang tergolong sedang. Kategori sedang terhadap penyesuaian diri remaja merujuk pada kemampuan remaja untuk dapat mengontrol perilaku-perilaku spontan dan mengelola amarah/agresi diri yang baik. Sebaliknya, kemampuan remaja dalam berperilaku baik sesuai dengan norma dan kepedulian mereka dengan orang sekitar masih terbilang kurang. Hasil interpretasi ini telah disesuaikan dengan hasil olah data deskriptif yang menunjukkan bahwa remaja Dusun X memiliki skor yang tinggi pada dimensi penyesuaian diri Impulse Control dan Suppression of Aggression, namun rendah pada dimensi penyesuaian diri Responsibility dan Consideration of Other.


Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Remaja, Kabupaten Indramayu 


 


ABSTRACT


Adolescence is a period when humans experience many changes in their lives. Changes experienced by adolescents include physical, cognitive, and social-emotional changes. Therefore, it is important for adolescents to have good adjustment abilities. This study aims to describe the description of adolescent adjustment, especially adolescents who live in Village X, Indramayu Regency. This research was conducted using descriptive quantitative research methods. The research subjects involved in this study were adolescents who lived in Village X, Indramayu Regency. There were 27 adolescents involved in this study, with 12 boys and 15 girls aged 13-18 years. To describe adolescent adjustment, researchers used the Social Emotional Adjustment Scale, which was adapted by the Research and Measurement Section of the Faculty of Psychology, Tarumanagara University, into Indonesian. The data analysis used in this study uses the Z Score. This technique is used to see the level of adjustment of adolescents in Village X, Indramayu Regency. Based on the results of data processing using the Z Score, it was found that the majority of adolescents in Village X Indramayu Regency had a moderate level of self-adjustment. The moderate category of adolescent adjustment, refers to the ability of adolescents to be able to control spontaneous behaviors and manage anger/self-aggression well. Conversely, the ability of adolescents to behave properly according to the norms and their concern for the people around them is still lacking. The researchers interpreted this according to the results of the descriptive data processing which showed that Village X adolescents had high scores on the adjustment dimensions of Impulse Control and Suppression of Aggression, but low on the adjustment dimensions of Responsibility and Consideration of Other.


Keywords: Self-Adjustment, Adolescence, Indramayu Regency

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ahmad, H., Irfan, A. Z., & Ahlufahmi, D. (2020). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan penyesuaian diri siswa. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1). 950-966. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/2899

Andita, S. A. (2019). Hubungan antara kepedulian sosial dengan penyesuaian sosial siswa kelas V SD se-gugus 1 Sendangtirto. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 8(9). 918-929. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15043

Asnikaweny, C., Yakub, E., & Saam, Z. (2017). Analisis penyesuaian diri siswa remaja awal yang bersekolah di kota dan di desa. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Keilmuan, 4(2). 1-11. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/15710/0

BPS, (2022). Kabupaten Indramayu dalam angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Indramayu.

BPS, (2021). Statistik kriminal 2021. Badan Pusat Statistik

Dufner, M., Gebauer, J. E., Sedikides, C., & Denissen, J. J. A. (2019). Self-Enhancement and psychological adjustment: A meta-analytic review. Personality and Social Psychology Review, 23(1). 48-72. https://doi.org/10.1177/1088868318756467

Favini, A., Gerbino, M., Eisenberg, N., Lunetti, C., & Thartori, E. (2018). Personality profiles and adolescents maladjustment: A longitudinal study. Personality and Individual Differences, 129. 119-125. https://doi.org/10.1016/j.paid.2018.03.016

Gellman, M. D. (2020). Encyclopedia of behavioral medicine. Switzerland: Springer.

Hidayah, R. (2021). Students self-adjustment, self-control, and morality. Journal of Social Studies Education Research, 12(1). 174-193. https://jsser.org/index.php/jsser/article/view/3075/495

Human, L. J., Mignault, M.-C., Biesanz, J. C., & Rogers, K. H. (2019). Why are well-adjusted people seen more accurately? The role of personality-behavior congruence in naturalistic social settings. Journal of Personality and Social Psychology, 117(2), 465–482. https://doi.org/10.1037/pspp0000193

Korehova, M. V., Soloveiv, A. G., & Novikova, I. A. (2019). The factors of mental maladjustment of law enforcement officers. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 321. 80-83. https://doi.org/10.2991/ispcpep-19.2019.20

Mendez, I., Ruiz-Esteban, C., Soto, G., Alos, L. G., & Matas-Castillo, M. (2021). Profiles of maladjustment and interpersonal risk factors in adolescents. Frontier in Psychology. 12(0), 1-9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.686451

Myers, D. G. & Twenge, J. M. (2019). Social psychology. New York: McGraw-Hill.

Papalia, D. E. & Martorell, G. (2021). Experience human development. (14th edition.). New York: McGraw-Hill.

Puslitdatin BNN, (2022). Indonesia Drugs reports 2022. Pusat Penelitian Data dan Informasi Badan Narkotika Nasional.

Rathus, S. A., & Nevid, J. S. (2019). Psychology and the challenges of Life: Adjustment and growth. (14th edition.). Wiley.

Santrock, J. W. (2019). Life-span development. (17th edition.). New York: McGraw-Hill.

Sari, D. W. (2018). Hubungan penyesuaian diri dengan kenakalan remaja di kecamatan Medan Polonia. [Skripsi dipublikasikan]. Universitas Medan Area.