HUBUNGAN KECEMASAN DAN ORIENTASI MASA DEPAN BEKERJA DI LUAR NEGERI PADA SISWA SMK X KABUPATEN INDRAMAYU

Main Article Content

Naomi Soetikno

Abstract

Tingkat pengangguran terbesar berasal dari lulusan SMK, sehingga hal tersebut dapat memicu adanya kecemasan yang dialami oleh siswa SMK. Selain itu kecemasan yang dialami oleh siswa SMK dapat berasal dari tugas perkembangan yang dihadapinya sebagai individu yang berada pada tahap perkembangan remaja. Sebagai upaya menghadapi kecemasan yang dihadapi, siswa SMK perlu menerapkan perencanaan atau OMD untuk kehidupannya dimasa mendatang. Sebagian besar OMD pada siswa SMK X yaitu bekerja setelah lulus sekolah. Pada SMK X Kabupaten Indramayu, siswa kelas 12 sudah memiliki OMD untuk menjadi PMI. Partisipan penelitian ini berjumlah 151 siswa kelas 12 SMK X Kabupaten Indaramayu. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dengan OMD bekerja di luar negeri pada siswa SMK X Kabupaten Indramayu. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuanntitatif korelasional. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kecemasan yaitu State Trait Anxiety Inventory (STAI) dan untuk mengukur variable kecemasan menggunakan Future Orientation Scale (FOS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang bersifat negatif antara kecemasan dan orientasi masa depan dengan nilai r = -.291 dan nilai p = .000 < .05. Hal tersebut berarti semakin tinggi tingkat kecemasan yang dimiliki partisipan penelitian untuk menjadi PMI, maka OMD partisipan akan menurun, hal tersebut berlaku sebaliknya.

Article Details

Section
Articles

References

Association of Southeast Asian Nation. (2020). World population review. Association of Southeast Asian Nation. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/asean-countries

American Psychology Association. (2022). APA dictionary of psychology: Future orientation. American Psychology Association. https://dictionary.apa.org/future-orientation

American Psychology Association. (2022). APA dictionary of psychology: Anxiety. American Psychology Association. https://www.apa.org/topics/anxiety

Atmadja, P. (2013). Hubungan Kontrol Diri dengan Kecemasan dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semeter Akhir Jurusan Pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris STKIP PGRI Ngawi. Media Prestasi, 10(1), 1979 – 9225.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Indramayu. (2022). Berita resmi statistik: Keadaan ketenagakerjaan. Berita Resmi Statistik.

https://indramayukab.bps.go.id/subject/23/kemiskinan.html

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. (2022). Data pekerja migran Indonesia: Periode Maret 2022. BP2MI: Jakarta Selatan. https://www.bp2mi.go.id/uploads/statistik/images/data_19-04-2022_Laporan_Publikasi_Bulan_Maret_2022.pdf

Chen, Y., Xu, H., Liu, C., Zhang., & Guo, C. (2021). Association between future orientation and anxiety in university students during Covid-19 outbreak: The chain mediating role of optimization in primary-secondary control and resilience. Frontiers in Psychology, 12. doi: 10.3389/fpsyt.2021.699388

Damayanti, G. S. (2021). Hubungan efikasi diri dan orientasi masa depan pada mahasiswa selama pembelajaran online di masa pandemi [Skripsi sarjana dipublikasikan]. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/40305/2/149114151_full.pdf

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2022). Penerimaan peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB tahun 2022. DISDIK. https://drive.google.com/file/d/15nJY3xnK-B4lwCPpd68mHMIKTkSVWf3M/view

Garcia, I., & O’Neil, J. (2020). Anxiety in adolescents. Journal for Nurse Practitioners, 9(1), 49-53. https://doi.org/10.1016/j.nurpra.2020.08.021

Greenberger, D. & Padesky, C. (2016). Mind Over Mood (2nd ed.). The Guilford Press

Hanim, L. M., & Ahlas, S. (2020). Orientasi masa depan dan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi. doi: 10.29080/jpp.v11i1.362

Harjana, N., Januraga, P. P., Indrayathi, P. A., Gesesew, H. A., & Ward, P. R. (2021). Prevalence of depression, anxiety, and stress among repatriated Indonesian migrant workers during the COVID-19 pandemic. Frontiers in Public Health, 9. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.630295

Hermawati, N. (2014). Hubungan antara orientasi masa depan area pekerjaan dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa psikologi angkatan 2001 UIN SGD Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 69 - 7. doi: 10.15575/psy.v1i1.468

King, L. A. (2017). The science of psychology: An appreciative view (4th ed.). McGraw-Hill Education.

Lens, W., & Seginer, R. (2015). Future time perspective and motivation. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences, 561–566. doi:10.1016/b978-0-08-097086-8.24098-1

Naru, W. N., Ninggolan, E. E., & Muslikah, E. D. (2021). Kecemasan dalam menghadapi dunia kerja antara siswa SMA dan SMK Surabaya. http://repository.untag-sby.ac.id/10650/8/Jurnal%20Skripsi%20Wilhelmina.pdf

Nevid, J. S., Rathus, S. A. (2011). Psychology and the challenges of life: Adjustment and growth (12th ed.). Wiley.

Servidio, R., Abbate, C. S., Costabile, A., & Boca, A. (2022). Future orientation and symptoms of anxiety and depression in Italian University students during the covid-19 pandemic: The role of resilience and the perceived threat of covid-19. Healthcare, 10(6), 974. doi: 10.3390/healthcare10060974

Steinberg, L., Graham, S., O’Brien, L., Woolard, J., Cauffman, E., & Banich, M. (2009). Age Differences in Future Orientation and Delay Discounting. Child Development, 80(1), 28–44. doi:10.1111/j.1467-8624.2008.01244.x

Spielberger, C. D. (1972). Anxiety as an emotional state. Anxiety, 23–49. doi:10.1016/b978-0-12-657401-2.50009-5

Spielberger, C. D. (1972). State-trait anxiety inventory for adults: Sampler set, manual, instrument, and scoring guide. Mind Garden.