PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG TIDAK MENERIMA PEMBELIAN PRODUK JASA BERUPA TIKET KONSER DARI PELAKU USAHA MELALUI MEDIA SOSIAL DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Main Article Content

Elisabeth Haryani
Jeane Neltje

Abstract

Over time, the purchase of goods/services can now be made online. One of them is the various type of services offered by business entities to the consumers. Proxy purchase/parallel trade/on-selling is one of the services sought by customers to fulfill their needs and wants. In this case, consumers use ticket on-seller service to obtain a concert ticket. Ticket on-selling offered through social networking sites often does not go smoothly and caused losses to the consumer. Therefore, consumers need legal protection to protect their rights and signify what kind of responsibility should be borne to the business entity that does not fulfill its promise. Referring to the case, the author conducted a study using the normative method. The result of the study suggested that the consumer can file lawsuits in court or resolve disputes outside the courts through authorized institutions. Considering that there are currently no regulations regarding electronic commerce and transaction over social networking sites, the author also suggests that the government make special regulations regarding electronic commerce to avoid similar transactions involving electronic system transactions.

Article Details

Section
Articles

References

IV. DAFTAR PUSTAKA

A. Buku

Hajon, Philipus M. Perlindungan Hukum Bagi Masyarakat di Indonesia.

(Surabaya: Bina Ilmu, 1985).

Raharjo, Satjipto. Ilmu Hukum, (Bandung: PT. Citra Aditya Baktik, 2000).

Setiono. Rule Of Law. (Surakarta: Universitas Sebelas Maret , 2004).

Sidabalok, Janus. Perlindungan Konsumen di Indonesia. (Bandung: Citra

Aditya Bakti, 2010).

Sitompul, Roswita. Hukum Perdata Indonesia. (Medan: Pustaka Bangsa Press,

.

Soekanto, Soerjono. Pengantar Penelitian Hukum. Cetakan ke-3. (Jakarta: UI

Press, 2015).

Subekti. Hukum Perjanjian. (Jakarta: PT Intermasa, 2005).

B. Jurnal

Mahesti, Indira Putri. “Perlindungan Hukum Terhadap Penggguna Jasa Titip

Online”. Jurnal Kertha Negara, Vol. 7 No. 10. Tahun 2019.

Barkattulah, Abdul Halim. “Bentuk Perlindungan Hukum Bagi Konsumen

Dalam Penyelesaian Sengketa Transaksi Elektronik Internasional

Menurut UU Nomor 11 Tahun 2008”. Jurnal Hukum Bisnis. Vol. 29 No.

Tahun 2010.

Yulius, Louis. “Tanggung Jawab Pelaku Usaha Atas Produk yang Merugikan

Konsumen”. Jurnal Lex Privatium. Vol. 1 No. 3. Tahun 2013.

Seran, Marcel dan Anna Maria Wahyu Setyowati. “Penggunaan Klausula

Eksonerasi Dalam Perjanjian dan Perlindungan Hukum Bagi

Konsumen”. Jurnal Hukum Pro Justitia. Vol. 25 No. 2. Tahun 2006.

Elisabeth Haryani & Jeane Neltje

PERLINDUNGAN HUKUMTERHADAP KONSUMEN YANG

TIDAK MENERIMA PEMBELIAN PRODUK JASA BERUPA

TIKET KONSER MELALUI MEDIA SOSIAL DITINJAU DARI

UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

NOMOR 8 TAHUN 1999

Volume 4 Nomor 2, Desember 2021

E-ISSN: 2655-7347 | P-ISSN: 2747-0873

Hariyadi, Guruh Taufan. “Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen

berbelanja di Minimarket (Studi pada Indomaret dan Alfamart)”. Jurnal

Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Vol. 1 No. 1. Tahun 2016.

C. Peraturan Perundang-Undangan

Indonesia. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan

Konsumen.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan

Transaksi Elektronik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun

Nomor 251, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia

Nomor 5952).

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

D. Website

Harya, Marieska. “Fenomena Belanja Dengan Jastip, Keuntungan

Menggiurkan”.

https://www.jawapos.com/lifestyle/01/09/2019/fenomena-belanjadengan-jastip-keuntungannya-menggiurkan/, 27 Maret 2021.

Haryanto, Agus Tri. “Pengguna Aktif Media Sosial RI 170 Juta, Bisa Main 3

Jam Sehari”. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407834/pengguna-aktifmedsos-ri-170-juta-bisa-main-3-jam-sehari, 27 Maret 2021.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, https://kbbi.web.id/afiliasi. 4

Maret 2021.

Olyvia, Filani. “Alasan Orang Indonesia Lebih Senang Belanja Via Sosial

Media”. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170920195716-

-243056/alasan-orang-indonesia-lebih-senang-belanja-via-mediasosial. 26 Maret 2021.

Elisabeth Haryani & Jeane Neltje

PERLINDUNGAN HUKUMTERHADAP KONSUMEN YANG

TIDAK MENERIMA PEMBELIAN PRODUK JASA BERUPA

TIKET KONSER MELALUI MEDIA SOSIAL DITINJAU DARI

UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

NOMOR 8 TAHUN 1999

Volume 4 Nomor 2, Desember 2021

E-ISSN: 2655-7347 | P-ISSN: 2747-0873

Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. “Inikah jumlah pengguna instagram di

Indoenesia?”.https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/seba

nyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia, 27 Maret 2021.

Putri, Tiara Adeline Maria. “Tren Belanja Online Masih Tinggi, Barang Hobi

Masih Banyak Dicari”.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/09/175652820/tren-belanjaonline-masih-tinggi-barang-hobi-banyak-dicari, 20 Maret 2021.

Sari, Rintan Puspita. “Indonesia Ada di Posisi Ke 3 Negara Paling Banyak

Twitter Tentang Kpop”.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/01/14/175319866/indonesiaada-di-posisi-ketiga-negara-paling-banyak-twit-tentang-kpop, 27 Maret

Tashandra, Nabila. “Tips Setop Kebiasaan Beli Barang yang tak perlu”.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/22/170000720/tips-setopkebiasaan-beli-barang-yang-tak-perlu?page=all. 1 Desember 2020.

Winando, Yoga. “Metode Penelitian.”

https://www.gurupendidikan.co.id/metodologi-penelitian/. 20 Desember