PERTANGGUNGJAWABAN PLATFORM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PENYEDIA LAYANAN IKLAN DALAM PERKARA PENIPUAN BERKEDOK ONLINE SHOP

Main Article Content

Vengga Vengga
Ariawan Ariawan

Abstract

In this era, with rapid technological advancement, nowadays people can do trade and sell using liabilityonline system, especially on the social media which is Instagram Platform. Trades carried on Instagram have a risk, because dealing without meet face to face. By Juridical, do trade and sell on Instagram is not correct/safe. So that’s why legal certainty of liability on platform provider is essential in order to protect the consumer. If the consumer got losses, legal efforts are required to ensure consumer rights. Referring to the issue, the writer conducted research using the normative method and also did interview with several sources. The result from research, shows that liability of the platform provider in the positive law of Indonesian remains inadequate and is needed in the renewal of certain legal regulation. The institutions with authority on consumer cases be supposed to always inform information about consumer right so the consumer can understand the incumbency of the consumer. Reform into laws that regulate electronic transactions is needed in order to protect consumers while doing transactions electronic.

Article Details

Section
Articles

References

Buku

Haniatjo, Ronny. Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetri. Jakarta:

PT. Ghalia Indonesia, 1990).

Ibrahim, Johnny. Teori dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif.

Malang: Bayumedia Publishing, 2006.

Rajagukguk, Erman. et al. Hukum Perlindungan Konsumen. Bandung:

Mandar Maju, 2000.

Rusla, Rosady. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi.

Jakarta: Rajawali Pers, 2003.

Sitompul, Josua. Cyberspace, Cybercrimes, Cyberlaw-Tinjauan Aspek

Hukum Pidana. Jakarta: PT. Tatanusa, 2012.

Waluyo, Bambang. Penelitian Hukum Dalam Praktek. Jakarta: Sinar

Grafika, 2008).

B. Jurnal

Iqbal, Julian. “Perlindungan Bagi Konsumen Online Market Place

Melalui Mekanisme Online Dispute Resolution (ODR)”. JuristDiction. Volume 1, Nomor 2 (November 2018). Diakses tanggal 31

Juni 2021. doi: 10.20473/jd.v1i2.11008.

Mezak, Meray Hendrik. “Jenis, Metode dan Pendekatan Dalam

Penelitian Hukum”. Law Review Universitas Pelita Harapan.

Volume V, Nomor 3, (Maret 2006): 85-97.

Suhaimi. “Problem Hukum dan Pendekatan Dalam Penelitian Normatif”.

Jurnal YUSTITIA. Volume 19, Nomor 2 (Desember 2018). Diakses

tanggal 21 Februari 2021. doi: 10.0324/yustitia.v19i2.477

C. Peraturan perundang-undangan

Indonesia. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan

Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan

Transaksi Elektronik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun

Vengga & Ariawan

PERTANGGUNGJAWABAN PLATFORM MEDIA SOSIAL

INSTAGRAM SEBAGAI PENYEDIA LAYANAN IKLAN

DALAM PERKAWA PENIPUANBERKEDOK ONLINE SHOP

Volume 4 Nomor 2, Desember 2021

E-ISSN: 2655-7347 | P-ISSN: 2747-0873

Nomor 251, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia

Nomor 5952).

Indonesia. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan

Konsumen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999

Nomor 42, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor

.

Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang

Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (Lembaran

Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 185, Tambahan

Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6400).

Indonesia. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan

(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 45,

Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5512).

D. Website

Hastuti, Rahajeng Kusumo. “Hati-Hati! Lagi Marak Penipuan Online

Pakai Iklan Instagram”.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200714132707-37-

/hati-hati-lagi-marak-penipuan-online-pakai-iklaninstagram. Diakses tanggal 17 Mei 2021