Perancangan Furniture Workstation dengan Konsep Kesehatan Pasca-COVID-19 untuk ALIEN Design Consultant
Kata Kunci:
LIEN Design Consultant, COVID-19, Desain, Material, WorkstationAbstrak
Mempersiapkan kantor untuk kembalinya karyawan di era COVID-19 bukanlah usaha yang mudah dimana perlu adanya kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin. Dari apek kesehatan, praktik disinfeksi penting untuk mengurangi potensi kontaminasi virus COVID-19 di lingkungan non-perawatan kesehatan, seperti ruang kerja kantor. Permukaan dengan sentuhan tinggi dalam ruang kerja, yaitu permukaan tempat kerja harus dijadikan disinfeksi prioritas (World Health Organization, 2020). Dalam kantor ALIEN Design Consultant yang juga mengalami pengaruh dari pandemi COVID-19, workstation berperan sebagai fasilitas dari berbagai pola aktivitas karyawan di dalam suatu ruangan. Workstation merupakan hal yang penting di area kerja karena digunakan oleh anggota kantor pada jam kerja. Oleh karena itu, workstation yang sesuai dengan konsep kesehatan pasca-COVID-19 dengan pertimbangan pemilihan material yang baik diperlukan agar keamanan, kenyamanan, dan kesehatan setiap karyawan dapat terjaga. Konsep material yang digunakan akan mengutamakan sifat yang mudah dibersihkan dan dijaga oleh pengguna workstation. Desain dari workstation ini akan tetap bersifat mendukung aktivitas pengguna dan mencirikan image
ALIEN Design Consultant yang profesional dan modern. Untuk merancang furniture, metode yang digunakan adalah design process (Kilmer) yang terdiri dari 2 fase umum, yaitu analisis dan sintesis. Hasil dari metode ini berupa tersusunnya konsep perancangan furniture workstation dan desain alternatifnya sebagai solusi dari permasalahan yang diangkat.
Referensi
Boland, B., Smet, A. D., Palter, R., & Sanghvi, A. (2020, Juni 8). Reimagining The Office and Work Life After COVID-19. Dipetik Mei 10, 2021, dari McKinsey & Company:
Calibre. (2019). What is The Difference Between an Office Desk and an Office Workstation? Dipetik Mei 10, 2021, dari Calibre: https://www.calibrefurniture.
co.uk/blog/what-is-the-differencebetween-an-office-desk-and-an-officeworkstation
Egeham, L. (2020). Panduan New Normal, Jarak Antar Pekerja di Kantor Minimal 1 Meter. Dipetik Mei 10, 2021, dari Liputan6: https://www.liputan6.com/news/read/42626
71/panduan-new-normal-jarak-antarpekerja-di-kantor-minimal-1-meter
Fiorillo, L., Cervino, G., Matarese, M., & D’Amico, C. (2020). COVID-19 Surface Persistence: A Recent Data. International Journal of Environmental Research and Public Health, 5. doi:10.3390/ijerph17093132
Kamel, A. (2020). Furniture Hygiene in A Post COVID-19 Era. Diambil kembali dari Green Furniture Concept: https://greenfc.com/stories/furniturehygieneSteelcase. (2020). Together Again: The Future of Shared Spaces in the Office. Dipetik Mei 10, 2021, dari Steelcase: https://www.steelcase.com/research/articles/topics/post-covid-workplace/bettertogether-future-shared-spaces-office/
Strongproject. (2020). 7 Office Trends for Post COVID-19 - Modern Furniture. Diambil kembali dari Strongproject: https://strongproject.com/office-furnitureblog/
7-office-trends-for-post-covid-19/
Vicus Partners. (2020). 6 Office Design Trends in Post-COVID-19 World. Dipetik Mei 10, 2021, dari Vicus Partners: https://vicuspartners.com/articles/6-officedesign-trends-post-covid-19/
World Health Organization. (2020). Coronavirus disease (COVID-19): Cleaning and disinfecting surfaces in non-health care settings. Dipetik Mei 10, 2021, dari World Health Organization: https://www.who.int/news-room/q-adetail/coronavirus-disease-covid-19-cleaningand-disinfecting-surfaces-in-non-health-caresettings#:~:text=High%2Dtouch%20surfaces%20in,%2C%20and%20work%20surfaces.
Zenbooth. (2019, Desember 31). Open Plan Office Workstations That Will Ease Anxiety & Up Production. Dipetik Mei 10, 2021, dari Zenbooth: https://zenbooth.net/blogs/zenbooth-blog/openplan-office-workstations-that-will-ease-anxietyup-production