Perancangan Ulang Identitas Visual Sebuah Produk Cemilan UMKM
Main Article Content
Abstract
UMKM adalah salah satu pendapatan terbesar untuk perekonomian nasional terutama pada saat ini pasar semakin luas dengan adanya pemasaran secara online maupun offline. Namun, UMKM memiliki banyak permasalahan dalam bersaing dengan kompetitornya karena kurang kreatifitas untuk mengembangkan usahanya. Salah satu UMKM kuliner Cemil Bongbong memiliki masalah dalam identitas visual yang tidak konsisten dan tidak sesuai dengan karakternya. Perancangan bertujuan untuk menghasilkan identitas visual baru yang lebih konsisten dan sesuai dengan karakter usahanya. Proses mendesain ulang identitas visual akan menggunakan 5 tahap perancangan Robin Landa, yaitu orientation, analysis, conception, design, dan implementation. Data akan dikumpulkan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Konsep yang digunakan dalam perancangan ulang identitas visual ini adalah keceriaan dan kehangatan berdasarkan dengan karakter usaha. Desain akan menggunakan warna-warna hangat dengan font sans serif dekoratif agar terkesan sederhana dan tidak kaku. Identitas visual yang sudah disusun dalam GSM (Graphic Standard Manual) juga ditambahkan dengan maskot agar karakter brand menjadi tidak kaku dan lebih menggambarkan keceriaan dan kehangatan.
Article Details
References
Ayodya, W. (2016). Bisnis Plan Usaha Kuliner Skala UMKM. Jakarta : PT. Elex Media Koputindo
Ayudya, W. (2020). UMKM 4.0 : Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Jakarta : PT. Elex Media Koputindo
Bluesodapromo. (2013) Everythings there is to know about logo. Chicago
Farras, Bernhart. CNBC Indonesia, (Januari 11, 2019). Retrieved Agustus 19, 2021 from https://www.cnbcindonesia.com/news/20190111134416-4-50214/umkm-kalah-saing-jokowi-beberkan-masalahnya
Hoetoro, A dan Satria, D. (2020). Smart Ekonomi Kewirausahaan UMKM 4.0. Malang : UB Press
Landa, R. (2011). Graphic Deisgn Soultions, 4th Edition. USA: Wadsworth Cengage Learning
Landa, R. (2014). Graphic Design Solution Robin Landa 5th Edition International. USA : Wadsworth Cengage Learning
Rustan, S. (2019). Warna Warni. Jakarta: Batara Imjai
Rustan, S. (2017). Huruf Font Tipografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Wheeler,A. (2013). Designing Brand Identity four edition. New Jersey: Hoboken
Widyokusumo, L. (2014). Meningkatkan Citra UKM Melalui Perancangan Ulang Identitas Visual. Retrieved September 23, 2021 from https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/2998/2387
Yonaldi, S. (2018). Kewirausahaan : Menumbuh kembangkan UMKM di Era Digital. Sumatera : Brain Insight Indonesia