Perancangan Board Game sebagai Media Edukasi Makanan Sehat untuk Anak Sekolah Dasar

Main Article Content

Patrisia Patrisia
Iwan Zahar
Dahlia Zinnia Nizar

Abstract

Abstrak Perkembangan zaman dan gaya hidup modern serba praktis membuat masyarakat menjadi sulit mengkonsumsi makanan sehat. Perubahan pola makan yang tidak sehat tersebut mengakibatkan semakin merosotnya tingkat kesehatan di Indonesia. Melalui perancangan board game ini diharapkan dapat mengedukasi dan meningkatkan minat terhadap makanan sehat, terutama bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Perancangan ini menggunakan model 5 tahap oleh Robin Landa yakni Orientasi, Analisis dan Strategi, Konsep Perancangan, Pengembangan dan Implementasi Desain. Data primer didapatkan dari wawancara dengan 4 anak usia 6-12 tahun, 2 guru dan 5 spesialis gizi, serta penyebaran kuesioner kepada 55 target audiens. Sementara data sekunder didapat dari studi pustaka yang berkaitan dengan tema perancangan. Hasilnya adalah permainan berbasis Ular Tangga agar mudah dimainkan oleh anak-anak, kemudian dimodifikasi dengan penambahan kartu aksi dan kartu ilustrasi makanan bertema pahlawan dan penjahat. Permainan ini bernama “Food Wars” yang berarti perang makanan. Font utama menggunakan typeface Splatch, sementara bodycopy-nya menggunakan DINPro. Secara keseluruhan, warna yang digunakan pada perancangan ini adalah warna-warna cerah, yang umumnya memikat mata anak-anak. Warna utama pada perancangan ini adalah warna kuning-oren dan merah untuk mengesankan semangat dan perang. Visual Papan permainan menggambarkan dari permasalahan zaman sekarang, dimana pada sebuah perkotaan besar selalu ada “makanan tidak sehat” disekitar kita.

Kata Kunci : Board Game, Makanan Sehat,  Media Edukasi, Perancangan.

Article Details

Section
Articles