Perancangan Identitas Visual dan Desain Kemasan Gula Semut KSU Jatirogo untuk Wisatawan

Main Article Content

Ivon Natalia
Toto Mujio Mukmin
Ariani Wardhani

Abstract

Abstrak Identitas visual bertujuan untuk membedakan merek yang satu dengan yang lainnya agar mudah diidentifikasi, dikenali, dan diingat oleh masyarakat. Maka perancangan ini dibuat untuk merancang identitas visual dan desain kemasan gula semut KSU Jatirogo untuk Wisatawan. Target untuk perancangan ini adalah dewasa dengan usia 25 – 30 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Perancangan Logo menggunakan tipografi yang dimodifikasi ke dalam bentuk modern dari huruf aksara Jawa. Supergrafis menggunakan motif Batik Geblek Renteng. Perancangan identitas visual melalui pembuatan graphic standard manual dan aplikasi media dari logo yang sudah dibuat. Pendekatan melalui perancangan pembuatan graphic standard manual bertujuan untuk menjadi panduan dalam penggunaan logo gula semut. Pembuatan aplikasi media bertujuan untuk membantu memperkenalkan produk melalui media-media promosi yang telah dibuat.

Kata kunci : desain kemasan; graphic standard manual; identitas visual.

Article Details

Section
Articles