Alat Permainan Edukatif Pengenalan Angka, Bentuk, Huruf dan Warna untuk Balita dalam Mengoptimalkan Perkembangan Motorik

Main Article Content

Jessiana Hendratno
Agus Danarto
Mardoko Oktodia

Abstract

Abstrak – Setiap orang tua yang ingin anaknya memiliki prestasi harus terlebih dahulu menyadari bahwa tanggung jawab dalam mengajar anak adalah sepenuhnya tangung jawab orang tua, kehadiran guru dan sekolah adalah faktor yang membantu anak dalam belajar. Melatih anak untuk belajar dapat dilakukan orang tua melalui permainan edukatif sejak anak berusia dini. Pada usia 1-3 tahun kemampuan motorik anak mulai meningkat dan berkembang. Perkembangan motorik halus anak balita dapat dilakukan dengan menggunakan media edukatif yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan motorik anak. Kurangnya permainan edukatif buatan Indonesia yang lengkap dalam mengenalkan angka, bentuk, huruf dan warna kepada balita membuat penulis membuat perancangan alat permainan edukatif pengenalan angka, bentuk, huruf dan warna yang lengkap melalui visualisasi yang menarik serta dapat mengoptimalkan perkembangan motorik halus anak balita. Pengumpulan data dalam perancangan ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, survei dan studi pustaka. Mengenalkan angka, bentuk, huruf dan warna kepada anak melalui permainan edukatif merupakan bekal pembelajaran dasar yang dapat diajarkan orang tua kepada anaknya sebelum mereka memasuki usia sekolah.

Kata kunci: alat permainan edukatif, balita, orang tua

Article Details

Section
Articles