Perancangan Ulang Identitas Visual Sebuah Produk Cemilan UMKM

Main Article Content

Melissa Sunata
Arief Adityawan
Caroline Florasari Sunarko

Abstract

UMKM adalah salah satu pendapatan terbesar untuk perekonomian nasional terutama pada saat ini pasar semakin luas dengan adanya pemasaran secara online maupun offline. Namun, UMKM memiliki banyak permasalahan dalam bersaing dengan kompetitornya karena kurang kreatifitas untuk mengembangkan usahanya. Salah satu UMKM  kuliner Cemil Bongbong memiliki masalah dalam identitas visual yang tidak konsisten dan tidak sesuai dengan karakternya. Perancangan bertujuan untuk menghasilkan identitas visual baru yang lebih konsisten dan sesuai dengan karakter usahanya. Proses mendesain ulang identitas visual akan menggunakan 5 tahap perancangan Robin Landa, yaitu orientation, analysis, conception, design, dan implementation. Data akan dikumpulkan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Konsep yang digunakan dalam perancangan ulang identitas visual ini adalah keceriaan dan kehangatan berdasarkan dengan karakter usaha. Desain akan menggunakan warna-warna hangat dengan font sans serif dekoratif agar terkesan sederhana dan tidak kaku. Identitas visual yang sudah disusun dalam GSM (Graphic Standard Manual) juga ditambahkan dengan maskot agar karakter brand menjadi tidak kaku dan lebih menggambarkan keceriaan dan kehangatan.

Article Details

Section
Articles

References

Ayodya, W. (2016). Bisnis Plan Usaha Kuliner Skala UMKM. Jakarta : PT. Elex Media Koputindo

Ayudya, W. (2020). UMKM 4.0 : Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Jakarta : PT. Elex Media Koputindo

Bluesodapromo. (2013) Everythings there is to know about logo. Chicago

Farras, Bernhart. CNBC Indonesia, (Januari 11, 2019). Retrieved Agustus 19, 2021 from https://www.cnbcindonesia.com/news/20190111134416-4-50214/umkm-kalah-saing-jokowi-beberkan-masalahnya

Hoetoro, A dan Satria, D. (2020). Smart Ekonomi Kewirausahaan UMKM 4.0. Malang : UB Press

Landa, R. (2011). Graphic Deisgn Soultions, 4th Edition. USA: Wadsworth Cengage Learning

Landa, R. (2014). Graphic Design Solution Robin Landa 5th Edition International. USA : Wadsworth Cengage Learning

Rustan, S. (2019). Warna Warni. Jakarta: Batara Imjai

Rustan, S. (2017). Huruf Font Tipografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Wheeler,A. (2013). Designing Brand Identity four edition. New Jersey: Hoboken

Widyokusumo, L. (2014). Meningkatkan Citra UKM Melalui Perancangan Ulang Identitas Visual. Retrieved September 23, 2021 from https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/2998/2387

Yonaldi, S. (2018). Kewirausahaan : Menumbuh kembangkan UMKM di Era Digital. Sumatera : Brain Insight Indonesia