Perancangan Kampanye Sosial Kesetaraan Gender Melalui Perspektif Feminisme dalam Keluarga

Hanna Novianti, Anny Valentina

Abstract


Abstract— Pola asuh orang tua merupakan salah satu hal yang paling penting dalam menentukan masa depan anak. Begitu juga dengan menanamkan kesetaraan gender sejak dini. Setiap anak seharusnya dilahirkan dengan kesempatan yang sama, baik laki-laki maupun perempuan. Namun, pada kenyataannya, ada ketimpangan gender yang terjadi akibat masih kentalnya beberapa pandangan budaya Indonesia terhadap laki-laki dan perempuan. Kebanyakan orang tua mendidik anaknya dengan stereotip gender yang sudah turun-temurun. Hal ini tentu saja bisa menutup berbagai kesempatan anak untuk bisa mencapai potensi terbesarnya.
Melalui perspektif feminisme, yaitu salah satu ideologi yang percaya pada kesetaraan gender, dirancang sebuah kampanye sosial yang bertujuan untuk mengubah dan membuka pikiran orang tua agar bisa memperlakukan anaknya secara setara sejak dini, baik laki-laki maupun perempuan. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi melalui media sosial, wawancara dengan ahli dan target sasaran, serta studi pustaka. Perancangan ini menghasilkan satu rangkaian kampanye yang dapat memberikan informasi dan mengedukasi target sasaran tentang pentingnya pola asuh kesetaraan gender dalam keluarga.


Keywords


Kampanye; Kesetaraan Gender; Feminisme; Pola Asuh.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24912/rupaka.v2i1.13667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats