Perancangan Kampanye Sosial untuk Meningkatkan Kesiapan Masyarakat Menghadapi Bencana di Indonesia

Mardhianto Lugowo, Edy Chandra

Abstract


Abstrak— Bencana dengan frekuensi yang besar sudah menjadi sesuatu yang umum di Indonesia. Hal ini disebabkan karena kondisi geografis dan iklim Indonesia yang tropis menyebabkan banyaknya bencana alam. Dalam menanggapi semua bencana, masyarakat perlu untuk bersiap agar resiko bencana dapat berkurang. Tetapi faktanya, mayoritas masyarakat Indonesia masih tergolong tidak siap dalam menghadapi bencana. Ketidaksiapan masyarakat menghadapi bencana disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya adalah kurangnya akses informasi, dan pola pikir yang pasif dalam menghadapi bencana. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mengusulkan untuk merancang sebuah kampanye yang terintegrasi dengan harapan agar panduan BNPB dapat tersosialisasi dan meningkatkan kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana


Keywords


Kampanye ; Persiapan Bencana; Kesadaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24912/rupaka.v2i1.13665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats