GAMBARAN MBKM ASISTENSI MENGAJAR DI SMP X KOTA TANGERANG

Isi Artikel Utama

Peter Stefanus
Valeria Panatra
Maulana Prasetya
Sri Tiatri

Abstrak

MBKM Asistensi Mengajar adalah salah satu kegiatan yang dirancang oleh Kemendikbudristek, memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang tertarik dalam dunia pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan MBKM Asistensi Mengajar (AM) yang dilaksanakan oleh 3 mahasiswa program studi psikologi univeritas J di SMP X Kota Tangerang.  Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi, dan focus group disccusion.  Hasil analisis terhadap pelaksanaan program MBKM AM menunjukkan adanya 4 kategori kegiatan yang dialami mahasiswa, yaitu: (a) membantu pelaksanaan pembelajaran khususnya dalam kaitan dengan pelajaran Bimbingan dan konseling; (b) mendampingi siswa berkebutuhan khusus dalam proses belajar; (c) membantu pelaksanaan administrasi terkait kehadiran, ataupun masalah yang dialami siswa; dan (d) membantu pelaksanaan kegiatan khusus dari sekolah.  Berdasarkan hasil kajian terhadap pelaksanaan program MBKM AM ini, maka direkomendasikan agar kurikulum pendidikan psikologi jenjang S1 dapat memperkuat kompetensi mahasiswa terutama dalam pelaksanaan konseling dan pendampingan terhadap siswa berkebutuhan khusus.

Rincian Artikel

Bagian
Articles